Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keamanan Endpoint

Kartika Rachmania, Rabu, 14 Desember 2022

Endpoint security merupakan salah satu solusi penting dalam menjaga keamanan perusahaan dari ancaman yang dapat menginfeksi perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan. Ancaman serangan siber lain yang banyak terjadi di antaranya phising, peretasan konten web, pencurian data, dan lainnya. Serangan lain yang tak kalah mengkhawatirkan adalah brute force attack, DOS & DDoS, SQL injection, DNS attack, dan lainnya.


Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keamanan Endpoint

Berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan keamanan endpoint:

  • Identifikasi dan dokumentasikan semua perangkat

Identifikasi semua perangkat yang dapat mengakses jaringan seperti laptop, ponsel, tablet, maupun perangkat lain. Kemudian terapkan autentikasi dua faktor pada semua perangkat agar bisa memberikan lapisan keamanan tambahan.  

  • Memasang Antivirus

Pastikan untuk selalu menggunakan antivirus dan anti-malware terbaru pada perangkat yang Anda miliki. Ini akan membantu untuk mendeteksi serangan yang mungkin ingin masuk ke system atau jaringan. Pastikan juga untuk mengatur kata sandi yang unik untuk setiap jaringan. Jika perlu, gantilah kata sandi secara berkala.

  • Scan perangkat dan jaringan secara teratur

Pantau terus jaringan dari aktivitas mencurigakan. Pemindaian ini dilakukan untuk mencari potensi kerentanan pada jaringan agar bisa diperbaiki dengan segera. 

  • Jangan sembarangan memasang aplikasi

Jangan izinkan pengguna memasang aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya karena bisa saja file tersebut mengandung bahaya. Anda juga bisa membatasi aktivitas dan akses di jaringan yang Anda Kelola. 

  • Update software terbaru

Pastikan untuk selalu memperbarui semua perangkat lunak yang ada pada perangkat agar patch keamanannya juga terus terbarui secara berkala.

  • Memberi pelatihan karyawan

Anda bisa membuat pelatihan karyawan mengenai pentingnya keamanan siber agar semua orang bertanggung jawab dan tidak tertipu serangan phising maupun yang kejahatan lain. 

Dengan mengikuti langkah di atas, Anda sudah selangkah lebih awal dalam meningkatkan keamanan jaringan dari berbagai ancaman. Perbarui dan terus pantau keamanan jaringan Anda untuk memastikan bahwa perlindungan yang Anda miliki masih berfungsi dengan baik. Anda pun bisa menambahkan keamanan endpoint dengan memasang software. 

Asani dapat membantu Anda memilih endpoint security yang tepat untuk perusahaan.  Asani bekerja sama dengan Webroot dan Bitdefender untuk memberikan layanan perlindungan Endpoint yang bermanfaat bagi perusahaan. Segera hubungi Asani untuk konsultasi lebih lanjut mengenai layanan proteksi endpoint yang cocok untuk bisnis Anda.

Another Post