Cara Upgrade Laptop dan Bagian yang Dapat Diperbarui

Kartika Rachmania, Jumat, 10 Desember 2021

Notebook atau laptop tidak sefleksibel PC desktop biasa dalam hal upgrade perangkat keras. Namun, pembaruan hardware yang dilakukan dalam batas tertentu adalah cara yang baik untuk bisa meningkatkan fungsi kerja laptop. Anda mungkin dapat menambahkan lebih banyak memori sistem (RAM) agar lebih responsif, menambahkan kapasitas penyimpanan untuk peningkatan kapasitas dan kinerja, atau mengganti baterai untuk meremajakan daya tahan yang dimiliki mesin saat digunakan. Peremajaan komponen di laptop dapat Anda lakukan bervariasi sesuai model laptopnya.

Bagian Laptop yang Dapat Di-upgrade

Bagian-bagian laptop yang bisa di-upgrade:

  • RAM
  • Storage atau penyimpanan
  • Baterai
  • Wireless / bluetooth card

Sebelum Anda membuka laptop, ada baiknya Anda membaca buku service manual dari pabrik laptop yang menjelaskan bagaimana cara upgrade laptop. Anda juga bisa mencari tutorial di YouTube, biasanya model laptop yang populer memiliki video tutorial yang dibuat oleh amatir maupun profesional.  

Perlu diingat, ketika Anda ingin melakukan pembaruan hardware laptop sendiri maka Anda harus terima dengan resikonya.  

Langkah untuk memulai upgrade laptop:

  • Matikan laptop, cabut saluran listrik, dan tutup laptop
  • Tempatkan di tempat yang rata. Tambah alas yang lebih halus untuk menghindari goresan. Balikkan laptop, lalu lepas baterainya
  • Buka screw laptop perlahan lalu buka casing laptop. Bukalah dengan perlahan dan jangan dipaksa
  • Setelah terbuka, Anda akan melihat bagian dalam laptop seperti memori penyimpanan dan wireless card. Nah, sekarang laptop Anda siap untuk di-upgrade
  • Upgrade perangkat keras yang ingin Anda ganti
  • Jika sudah selesai, pastikan semua komponen sudah terpasang dengan benar. Setelah itu, pasang casing laptop lagi dan tutup dengan screw-nya. Simpan semua bagian yang telah Anda ganti. 

Sebagian besar laptop setidaknya mudah di-upgrade dan diperbaiki. Menambahkan RAM, kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan baterai baru dapat merevitalisasi laptop Anda sehingga memberikan tambahan masa pakai beberapa tahun lagi. Penggantian komponen laptop yang paling terasa adalah penggantian HDD ke SSD serta penambahan RAM. Hasilnya, kinerja laptop menjadi lebih cepat.

Pembaruan prosesor dan kartu grafis biasanya tidak dapat dilakukan. Jadi, jika komponen tersebut tidak lagi memenuhi kebutuhan Anda, mungkin sudah waktunya untuk ganti dengan laptop baru. 

Asani menyediakan jasa sewa laptop kantor atau perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Another Post