Apa Efek Mencabut Flashdisk tanpa Proses Eject?

Kartika Rachmania, Sabtu, 27 Maret 2021

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang mudah dan praktis dibawa ke mana-mana. Ketika sedang terburu-buru, sering kali Anda mencabut flashdisk begitu saja tanpa melakukan eject. Lalu, apa yang terjadi jika hal itu sering dilakukan?

Bahaya Mencabut Flashdisk tanpa Eject

Sebenarnya, bahaya atau tidaknya mencabut flashdisk tanpa proses eject ini bergantung pada proses apa yang sedang Anda lakukan saat itu. Jika Anda sedang mengota-atik isi flashdisk lalu tiba-tiba langsung mencabutnya, hal ini bisa membuat data di flashdisk menjadi rusak atau corrupted. Maka dari itu, sangat disarankan untuk eject flashdisk sebelum mencabutnya.

Di desktop, ada dua pilihan untuk menghentikan proses membaca flashdisk, yaitu Eject dan Safely remove. Kedua menu itu memiliki fungsi yang sama yaitu melepaskan perangkat yang terhubung USB dengan aman sehingga mengurangi risiko kerusakan data. Melalui proses itu, data akan kembali menjadi file RAW.

Pilihan Safely Remove dapat ditemukan di pojok kanan bawah layar komputer. Pada saat menggunakan menu ini, proses copy-write data akan sepenuhnya berhenti dan koneksi dengan flashdisk juga terputus sehingga dinilai lebih aman. Sementara menu eject dapat ditemukan jika Anda mengeklik kanan pada drive yang akan Anda putuskan koneksinya.

Jika sistem operasi tidak bisa membaca flashdisk, salah satu pilihan yang dianjurkan adalah format ulang flashdisk karena file di dalamnya tak terbaca. Bila file di dalam flashdisk sangat penting, tentu akan merepotkan, bukan? Maka dari itu, usahakan jangan langsung mencabut flashdisk saat masih digunakan, ya.

Another Post