Endpoint Security untuk Bisnis

Kartika Rachmania, Kamis, 17 November 2022

Endpoint security atau endpoint protection adalah istilah umum yang menjelaskan layanan keamanan siber untuk pengamanan endpoint jaringan seperti laptop, desktop, smartphone, tablet, server, dan lingkungan virtual. Layanan ini termasuk antivirus, antimalware, pemfilteran web, dan banyak lagi.

Mengapa Bisnis Butuh Endpoint Security?

Berapa banyak kejahatan siber yang terjadi sepanjang tahun 2022 di Indonesia?


Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebut lebih dari 700 juta serangan siber terjadi di Indonesia. Jenis serangan yang banyak ditemukan adalah ransomware dan malware yang meminta tebusan. Serangan ini berpotensi menyebabkan kerugian finansial yang besar dan mengancam data perusahaan di berbagai industri bila tidak dicegah dengan baik.


Serangan siber lain yang banyak terjadi di antaranya phising, peretasan konten web, pencurian data, dan lainnya. Serangan lain yang tak kalah mengkhawatirkan adalah brute force attack, DOS & DDoS, SQL injection, DNS attack, dan lainnya. 


Ancaman serangan siber ini bukan hanya terjadi pada institusi pemerintahan dan perusahaan besar, tetapi juga semua skala usaha. Oleh sebab itu, semua perusahaan harus proaktif dalam menjaga keamanan siber untuk menghindari penjahat yang dapat mencuri informasi atau menempatkan jaringan dalam risiko serangan berbahaya.


Tahukah Anda bahwa Cybersecurity Ventures memprediksi biaya cybercrime mencapai $10 triliun pada tahun 2025?

Perkiraan tersebut menunjukkan bahwa:

  • Cyber Physical System akan melebihi $8 miliar pada tahun 2025
  • 60% organisasi mengalami serangan cyber dalam dua tahun terakhir
  • 85% dari semua pelanggaran data melibatkan interaksi manusia


Salah satu solusi untuk menangkal serangan siber adalah menggunakan Endpoint Security/Endpoint Protection. Endpoint Security adalah layanan keamanan siber untuk pengamanan endpoint jaringan termasuk antivirus, antimalware, pemfilteran web, dan banyak lagi. Dengan memasang Endpoint Security, Anda bisa mencapai ketahanan siber yang tangguh agar keamanan digital pada Bisnis Anda menjadi lebih baik. 


Manfaat Endpoint Security:

  • Endpoint detection
  • Endpoint prevention
  • Endpoint protection


Produk endpoint security yang ada di Asani: 

Webroot® Business Endpoint Protection Software

Bitdefender Endpoint Security for Business


Endpoint Security membantu bisnis mencapai ketahanan siber dengan memberikan perlindungan tingkat lanjut terhadap serangan siber yang terus meningkat dan berkembang dengan modern. Dengan endpoint security, Anda tidak memerlukan tim IT security khusus untuk memastikan keamanan digital bisnis. Dengan tingkat keamanan yang baik, Anda bisa fokus pada hal lain dalam bisnis yang butuh perhatian lebih. 


Tertarik menggunakan endpoint security di perusahaan? 


Another Post