Evolusi Laptop dari Masa ke Masa

Kartika Rachmania, Selasa, 18 Mei 2021

Nama laptop terinspirasi dari cara penggunaannya yaitu di atas pangkuan. Laptop yang ada zaman sekarang sudah mengalami evolusi yang panjang mulai tahun 1970-an. Meskipun secara umum fungsi laptop dan komputer adalah sama, tapi laptop dibuat dengan ukuran kecil, ringan, hemat daya, dan mudah dibawa ke mana-mana.

Sejarah Laptop

Berikut adalah perkembangan laptop dari masa ke masa:

  • Osborne 1 (1981)

Laptop pertama yang diproduksi secara masalah adalah Osborne 1 tahun 1981. Laptop ini adalah awal dari revolusi komputer di dunia bisnis dan profesional. Ukurannya memang masih besar dan berat (11 kg) tapi sudah bisa dibawa ke mana-mana.

  • Grid Compass 1101 (1982)

Meskipun bobot Grid Compass masih 11kg, tapi setidaknya dari segi desain sudah seperti laptop masa kini daripada pendahulunya. 

  • Gavilan SC (1983)

Pada masanya, laptop ini sudah dikatakan seperti laptop sebenarnya meski bobotnya masih cukup berat yaitu 4 kg. Ini adalah perangkat pertama mobile PC yang dipasarkan dengan brand laptop.

  • Kaypro 2000 (1985)

Desain laptop karya IBM ini sudah sangat mendekati laptop modern. Bobotnya masih berat tapi sudah tidak terlalu berat yaitu 5 kg.

  • HP Vectra Portable CS (1987)

Produsen HP mengeluarkan HP Vectra Portable CS. Sayangnya, laptop ini kurang laku karena ukurannya sangat besar dan berat.

  • Apple Macintosh Portable (1989)

Rilis tahun 1989, Macintosh adalah laptop pertama buatan Apple. Kala itu, laptop ini disebut sebagai produk terburuk dari Apple karena memang kurang laku di pasaran. Bobotnya juga masih sekitar 7.2 kg.

  • Apple Powerbook 100 (1991)

Nah, desain Powerbook 100 ini sudah sangat terlihat seperti laptop zaman sekarang. Laptop ini cukup laku di pasaran dan membuat Apple merilis beberapa seri lain di tahun berikutnya.

  • IBM ThinkPad (1992)

IBM ThinkPad langsung populer setelah dirilis. Laptop era 90-an sudah masuk era modern.

  • Apple iBook (1999)

iBook adalah produk Apple yang mulai masuk ke pasar consumer di luar professional. Desain seperti cangkang kerang ini mungkin terlihat aneh, tapi jadi awal pentingnya sebuah desain.

  • Compaq TC1000 (2002)

Compaq TC1000 adalah laptop hybrid (convertible dan detachable) pertama. Laptop ini sudah bisa menggunakan input stylus, tapi belum bisa touch dengan jari. Laptop ini belum berhasil menjadi trend sampai Microsoft Surface rilis tahun 2021.

  • Dell … dll (2003)

Banyak brand laptop yang bermunculan. Kala itu, Dell adalah brand yang cukup populer. Laptop semakin laris manis karena sudah merambah berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pekerja, dan profesi lainnya.

  • Macbook Air (2008)

Apple memperkenalkan laptop tipis, minimalis, dan memiliki daya tahan baterai yang lama yaitu Macbook Air. Sejak itu, banyak brand yang mulai mengeluarkan laptop tipis dan minimalis.

  • Microsoft Surface (2012)

Awal dari popularitas laptop hybrid adalah perilisan Surface pro. Perangkat ini bisa menjadi tablet, tapi bisa juga jadi laptop dengan tambahan detachable keyboard. Brand lain pun turut meramaikan pasar hybrid dengan berkiblat pada Microsoft Surface.

Itulah evolusi laptop dari masa ke masa. Untuk mendapatkan laptop yang ringan, tipis, minimalis dan fungsional ternyata perjalanannya sangat panjang. Saat ini laptop akan terus berkembang. Entah desain atau teknologi, semua terus diperbaharui.

Jika perusahaan Anda membutuhkan laptop, ingat Asani. Asani menyediakan jasa sewa laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Another Post