Hati-hati! Cara Mengetahui File yang Mungkin Mengandung Virus

Kartika Rachmania, Kamis, 22 April 2021

Serangan virus pada perangkat komputer atau laptop adalah hal yang amat dihindari sebab virus yang masuk dapat mengganggu kinerja perangkat sampai membuat perangkat tak berfungsi. Tidak ada keuntungan yang didapat dengan adanya virus pada komputer. Bahkan, virus bisa menyebabkan seseorang kehilangan data yang yang sudah disimpan.

Salah satu tanda jika laptop atau PC terkena virus adalah restart berulang kali, file rusak tidak bisa terbuka, maupun file menghilang. Cara virus masuk ke komputer ada beberapa cara, salah satunya adalah virus yang menyusup melalu file unduhan.

Namun, bagaimana cara mengetahui kalau file yang diunduh mengandung virus?

Salah satu ciri bahwa file atau berkas yang diunduh mengandung virus adalah perbedaan format yang diunduh. Misalnya, ingin mengunduh file “.pdf”, tapi setelah diunduh ternyata format file malah berbentuk “.exe”. Segera hapus file tersebut dan jangan dibuka karena bisa dipastikan file mengandung virus.

Cara aman untuk menghindari file bervirus adalah jangan mengunduh sembarangan dari sumber yang tak dikenal. Kemudian saat akan membuka file, scan dulu menggunakan antivirus. Virus mungkin saja menyerupai file ekstensi file lain, maka dari itu penting untuk memiliki antivirus dalam perangkat.

Jika hasil file yang diunduh tak sesuai dengan format yang seharusnya, patut dicurigai dan waspada.

Another Post