Jenis - jenis Sistem Keamanan jaringan

Kartika Rachmania, Selasa, 27 Desember 2022

Pilihan sistem keamanan jaringan sangat bervariasi dan akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Keamanan jaringan yang kuat tidak hanya melibatkan perangkat saja, tapi juga harus melibatkan pengguna untuk memberikan kontrol dan pertahanan berlapis. 


Jenis-jenis Sistem Keamanan Jaringan 

Sistem keamanan jaringan biasanya dirancang sesuai fungsi dan tujuan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis sistem keamanan jaringan yang umum digunakan:

  • Firewall, antivirus, dan antimalware

Firewall berfungsi sebagai perisai jaringan komputer. Jika ada traffic yang membahayakan, maka firewall akan memblokirnya. Antivirus dan antimalware adalah software yang dirancang untuk mendeteksi, menghapus, dan mencegah ancaman online seperti virus dan malware agar tidak menginfeksi komputer dan jaringan.

  • Website Security

Web Security biasanya digunakan untuk melindungi web dengan memasang SSL (Secure Socket Layer). Hal ini berguna untuk melindungi data pengguna yang masuk ke website tersebut. Website yang sudah terpasang SSL biasanya akan memiliki logo gembok di address bar. Situs yang terpasang SSL biasanya lebih dipercaya oleh pengguna.

  • Kontrol akses

Anda bisa membatasi atau memblokir pengguna yang tidak dikenal agar tidak bisa masuk ke dalam jaringan. Access control juga bisa digunakan untuk mengatur akses pengguna jaringan ke file atau folder tertentu. 

  • Keamanan aplikasi

Sistem keamanan ini sangat penting untuk melindungi aplikasi yang digunakan oleh perusahaan. 

  • Cloud Security

Penyedia layanan cloud sering kali menjual sistem keamanan tambahan untuk meningkatkan keamanan pada jasa yang digunakan. Sistem keamanan ini bertujuan untuk melindungi infrastruktur, aplikasi, serta data berbasis cloud. Sistem ini akan memastikan otentikasi pengguna dan perangkat yang mengaksesnya sehingga pengguna yang mencurigakan bisa segera ditangani. Misalnya, Amazon Web Services menyediakan keamanan yang mengontrol lalu lintas masuk dan keluar yang terkait dengan aplikasi atau sumber daya.

  • Endpoint security

Endpoint security merupakan salah satu sistem keamanan jaringan untuk menjaga keamanan perusahaan dari ancaman yang dapat menginfeksi perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan. Ancaman yang mungkin terjadi di antaranya phising, peretasan, pencurian data, dan serangan lainnya seperti DNS attack, dll. 


Keamanan jaringan ini merupakan tanggung jawab semua pengguna jaringan. Hendaknya setiap perusahaan juga fokus untuk menjalankan strategi keamanan jaringan maupun perangkat agar semua data tetap terlindungi dengan baik.

Asani dapat membantu Anda memilih endpoint security yang tepat untuk perusahaan.  Asani bekerja sama dengan Webroot dan Bitdefender untuk memberikan layanan perlindungan Endpoint yang bermanfaat bagi perusahaan. Segera hubungi Asani untuk konsultasi lebih lanjut mengenai layanan proteksi endpoint yang cocok untuk bisnis Anda.

 

Another Post