Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Kartika Rachmania, Rabu, 2 Februari 2022

Laporan keuangan perusahaan adalah dokumen penting bagi pemimpin dan investor untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan. Laporan keuangan berisi catatan setiap transaksi pada bisnis dan dilaporkan pada periode tertentu. Selain itu, informasi keuangan yang dimasukkan dalam laporan yaitu arus kas, aset, pendapatan, beban, kewajiban, ekuitas, kontribusi pemegang saham, dan informasi lainnya. Laporan keuangan juga biasanya dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dalam perusahaan. 

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan harus dibuat dengan tepat dan bisa dipertanggungjawabkan untuk evaluasi serta pengambilan keputusan dalam pengembangan usaha. Berikut adalah laporan keuangan perusahaan yang sangat penting dan dibutuhkan setiap perusahaan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK):

  • Laporan Laba Rugi 

Laporan Laba Rugi (Income Statement) dibuat untuk membantu mengetahui kondisi perusahaan apakah mengalami untung atau rugi dalam periode tertentu. Informasi yang dimasukkan dalam laporan ini yaitu pendapatan, pengeluaran, dan beban pajak. Laporan ini juga disebut dengan laporan kinerja keuangan perusahaan. 

Laporan Laba Rugi dapat dijadikan bahan acuan dan evaluasi untuk mengatur langkah yang akan diambil pengusaha. Jika perusahaan untung, maka pengusaha akan mempertahankan keuntungan. Jika merugi, maka pengusaha akan mencari solusi untuk mengatasi itu.

  • Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas atau Cash flow adalah laporan catatan keuangan yang berisi tentang pemasukan dan pengeluaran perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini dibuat oleh bagian finance atau akuntan kemudian diserahkan ke pihak manajemen tinggi untuk digunakan sebagai alat evaluasi struktur keuangan dan efektivitas langkah keuangan yang diambil. Laporan ini juga dapat dijadikan prediksi arus kas pada periode selanjutnya. Tanpa laporan ini, pengusaha akan sulit mendeteksi kinerja perusahaan. 

  • Laporan Perubahan Modal atau Ekuitas

Laporan Perubahan Modal sangat penting untuk perusahaan publik agar dapat menggambarkan peningkatan ataupun penurunan kekayaan (aktiva bersih) perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini dibuat untuk memberitahu perubahan modal kerja termasuk total modal saham, klasifikasi modal saham, pembayaran dividen, laba ditahan, dan lain-lain. 

  • Laporan Neraca

Laporan Neraca (Balance Sheet) adalah laporan posisi keuangan yang menunjukkan saldo aset (aktiva), kewajiban (liabilitas), dan ekuitas (modal) pada periode tertentu. Semua nilai kekayaan bersih perusahaan terlihat pada laporan ini.

  • Catatan Laporan Keuangan

Catatan laporan keuangan biasanya berisi semua informasi yang penting dan menyeluruh agar laporan keuangan lebih mudah dipahami. Biasanya, catatan laporan keuangan juga berisi penjelasan, alasan, atau isi laporan keuangan yang lebih rinci sehingga investor bisa mengetahui hal yang terjadi di dalam sebuah perusahaan.


Sebagai pemilik usaha, laporan keuangan sangat berguna dan penting untuk dipelajari agar bisa melihat potensi perusahaan. Jika isi dalam laporan tersebut dipahami dengan baik, investasi yang dilakukan bisa diproyeksikan berjalan lancar. Dalam laporan di atas, penggunaan aset dan modal bisa terlihat apakah sudah efektif dan efisien.


Jenis laporan keuangan perusahaan di atas mencantumkan semua informasi penting mengenai keuangan termasuk keuntungan dan pengeluaran perusahaan. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop Asani. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan. 


Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post