10 Jenis Virus Komputer dan Virus Paling Berbahaya

Kartika Rachmania, Rabu, 14 April 2021

Masalah umum yang sering terjadi pada komputer atau laptop adalah terserang virus. Akibat dari serangan virus itu bisa membuat performa laptop melambat, file penting tidak terbaca atau hilang, hingga peretasan akun. Namun, seiring berkembangnya zaman, teknologi untuk menghadang virus juga semakin canggih. Itulah mengapa sekarang jarang terjadi serangan virus yang menggemparkan.

Macam-macam Virus Komputer

1.  Virus Worm

Virus yang menginfeksi komputer menggunakan email dan terhubung dalam jaringan internet. Virus ini dapat menggandakan diri, membuat file acak tak berguna pada komputer sehingga membuat memori penyimpanan cepat penuh dan sistem komputer menjadi rapuh.

2.  Virus Trojan

Virus ini muncul melalui jaringan internet dan email yang diterima. Trojan memiliki kemampuan memperoleh informasi seperti password, kebiasaan user yang tercatat dalam sistem log, data, bahkan mengendalikan target.

3.  Multipartite Virus

Virus ini menginfeksi sistem operasi dan program tertentu yang jika tidak diatasi akan membahayakan kesehatan RAM dan hard disk.

4.  Web Scripting Virus

Web Scripting muncul ketika komputer tersambung dengan internet dan mengganggu program dalam komputer. Sebenarnya, Web Scripting adalah sebuah kode program yang digunakan untuk mengoperasikan konten dalam website dan bukan termasuk virus. Namun, karena mengganggu maka digolongkan ke dalam virus.

5.  FAT Virus

Vorus yang tersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi dan mampu merusak file tertentu. Virus ini bisa menyembunyikan file sehingga terlihat bahwa file hilang atau terhapus.

6.  Memory Resident Virus

Virus ini menginfeksi RAM dan program komputer sehingga membuat kinerja laptop melambat. Virus ini aktif saat komputer dinyalakan dan mengakibatkan program berjalan tidak normal.

7.  Companion Virus

Virus ini mengganggu data pribadi milik Anda dan bersembunyi di dalam hard disk. Sangat sulit untuk mendeteksinya karena vorus ini merusak format data palsu.

8.  Virus Backdoor

Virus ini mirip dengan trojan, tapi bentuknya serupa dengan file biasa seperti game. Nama backdoor merujuk pada mekanisme virus bisa yang mengakses sistem, jaringan, atau aplikasi.

9.  Directory Virus

Virus ini membuat komputer melambat dan tidak bisa membuka program. Virus ini juga menginfeksi file berekstensi .exe sehingga file bisa hilang atau eror tanpa alasan. Ketika file .exe ini bekerja, virus itu akan aktif dan menginfeksi file lainnya.

10.  Macro Virus

Jenis virus dengan bahasa pemograman suatu aplikasi sistem operasi. Virus ini biasanya datang dari email dan menyerang file .pps, .xls, atau file lainnya. Untuk itu, hindari mengeklik asal-asalan pesan yang tak jelas.

Sekitar tahun 2000-an, banyak sekali serangan virus yang sangat merugikan. Beberapa di antaranya disebut sebagai virus paling berbahaya. Mau tahu ceritanya?

Virus Komputer Paling Berbahaya Tahun 2000-an

1. Melissa

Melissa virus populer di Amerika Serikat tahun 1999. Penyebaran virus ini melalui file Word. Jika file tersebut dibuka, maka file tersebut akan diteruskan ke 50 kontak email orang lain. Kerugian dari efek Melissa diperkirakan US$1.2 miliar. Pencipta virus itu langsung tertangkap dan dipenjara.

2. ILOVEYOU

Virus ini menyebar ke 45 juta orang di tahun 2000 dan mengobrak-abrik komputer. ILOVEYOU bisa menghapus foto, audio, dan file lainnya. Kerugian diperkirakan mencapai US$15 miliar. Subjek ILOVEYOU sangat membuat penasaran, kan? Itulah cara pencipta menarik penerima email untuk mengeklik.

3.  Anna Kournikova

Virus worm ini menyebar dari email ke email. Ketika email tersebut diklik, virus langsung menyebar ke semua kontak di akun email. Pencipta virus menggunakan foto atlet Anna Kornikova untuk memancing penerima email agar mengeklik. Tahun 2001, virus ini menguasai seluruh dunia dan menginfeksi komputer di dunia. Kerugian yang diakibatkan oleh virus mencapai US$166 ribu. Pencipta virus menyerahkan diri dan dihukum.

4. SQL Slammer / Sapphire

Virus menyebar di Amerika Serikat sekitar tahun 2003 dan membuat banyak kerusakan seperti mengacaukan jadwal maskapai penerbangan karena online ticketing rusak, memberhentikan server ATM, membuat telepon 911 macet, dan memblokir 27 juta orang dari internet.

5. Sobig

Virus yang menyebar tahun 2003 ini dijuluki virus yang pertumbuhannya paling cepat. Kerugian diperkirakan mencapai US$ 37.1 miliar dan menghentikan sejumla maskapai Amerika Serikat dan perusahaan besar di sana.

Untuk mencegah serangan virus, pasang laptop atau komputer Anda dengan antivirus. Scan komputer dan laptop secara teratur. Dan tips yang harus Anda ingat adalah tidak membuka atau menekan link sembarangan jika sumbernya tak jelas.

Jika komputer atau laptop sudah terkena virus, segera bersihkan perangkat Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan jasa service laptop kantor untuk membersihkan virus, Anda bisa menghubungi Asani. 

Another Post