Berapa jumlah yang dihabiskan pengguna untuk belanja aplikasi?

Kartika Rachmania, Selasa, 29 Juni 2021

App Annie adalah perusahaan yang menawarkan sebuah aplikasi untuk menganalisa performance suatu aplikasi. Laporan terbaru App Annie menyebutkan bahwa pengguna ponsel telah menghabiskan uang untuk pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) sekitar Rp 465, 2 miliar pada kuartal pertama 2021. Angka tersebut meningkat 40% dari kuartal yang sama di tahun 2020 lalu. 


Pasar aplikasi tumbuh dengan cepat karena banyak yang mengunduh game, aplikasi streaming video, atau media sosial. Dampak tersebut juga dirasakan Apple App Store yang berhasil memperoleh 1.8 miliar USD dari musim liburan lalu. Di Google Play, aplikasi yang paling banyak dibelanjakan di antaranya adalah aplikasi hiburan, games, dan media sosial. Sedangkan di App Store adalah hiburan, games, serta foto dan video. 


Pertambahan nilai belanja tersebut dipicu oleh adanya pandemi covid-19. Banyak orang yang menghabiskan waktu dengan perangkatnya. Maka dari itu, pembelian dalam aplikasi mulai meningkat. Dan, rasanya nilai pembelanjaan akan terus meningkat mengingat pembelian dalam aplikasi lebih mudah dan kebutuhan pengguna pun meningkat. 


Tidak hanya jumlah total belanja dalam aplikasi yang meningkat, tetapi jumlah unduhan aplikasi juga meningkat pesat. Kategori terbesar yang paling banyak diunduh pengguna di antaranya adalah media sosial, keuangan, games, serta aplikasi kesehatan. Aplikasi tersebut


Sudah berapa aplikasi yang Anda unduh selama pandemi ini? 


Another Post