Keuntungan Menggunakan Kantor Virtual

Kartika Rachmania, Rabu, 25 Agustus 2021

Kantor virtual adalah jenis sewa kantor non-fisik yang alamat dan fasilitasnya bisa digunakan sebagai alamat legal perusahaan. Sewa kantor virtual berarti menyewa alamat gedung sebagai lokasi usaha yang dijalankan tanpa memiliki sebuah ruangan khusus perusahaan. Sewa virtual office adalah salah satu cara untuk mengurangi penggunaan lingkungan kantor yang berujung pada penekanan biaya sebuah kantor sehingga perusahaan bisa menghemat dan ada fleksibilitasnya. 

Meskipun tanpa ruangan fisik, dengan memiliki kantor virtual perusahaan masih bisa beroperasi dengan baik dan karyawan pun bisa bekerja dari jarak jauh. Alamat yang diberikan bisa digunakan untuk korespondensi kesekretariatan. 

Virtual office biasanya digunakan oleh perusahaan skala kecil dan menengah yang memiliki modal pas-pasan atau belum memerlukan kantor karena jumlah pegawai yang sedikit. Dengan kantor virtual, Anda bisa memulai bisnis meskipun dengan modal yang tak terlalu banyak.

Perbedaan Kantor Virtual dan Kantor Privat

Perbedaan kantor virtual dan kantor private yang paling terlihat adalah bentuk kantornya yaitu fisik dan non-fisik. Sebagian besar kantor di Indonesia menggunakan layanan kantor privat di mana perusahaan memiliki tempat kerja atau ruangan berbentuk fisik. Setiap hari, karyawan wajib datang ke kantor dan bekerja dari sana. Dengan adanya kantor, kinerja karyawan bisa dipantau. Jika perusahaan menggunakan layanan virtual office maka tidak ada tempat kerja atau ruangan fisik yang bisa didatangi karyawan setiap hari.

Fasilitas di Kantor Virtual

Jika menyewa kantor virtual, penyewa biasanya sudah mendapat banyak fasilitas seperti layanan voicemail, nomor telepon khusus perusahaan, penjawab telepon, surat menyurat, bahkan ruangan pertemuan (bila perlu). 

Keuntungan Menggunakan Kantor Virtual

Keuntungan yang diperoleh jika Anda menggunakan kantor virtual:

  • Alamat perusahaan yang bergengsi
  • Domisili perusahaan yang mempermudah untuk untuk perizinan dan lainnya
  • Citra dan branding perusahaan jika lokasi perusahaan strategis
  • Hemat biaya operasional karena tidak perlu biaya untuk sewa gedung maupun biaya peralatan kantor
  • Jaringan komunikasi yang digunakan tetap formal sehingga semua bentuk komunikasi tetap tercatat
  • Tidak alasan untuk datang terlambat ke kantor karena tidak ada halangan seperti hujan atau jalanan macet
  • Pekerjaan bisa dilakukan dari mana saja dan segala pertemuan bisa dilakukan melalui video

Dengan menggunakan kantor virtual, Anda bisa mengalokasikan operasional untuk mendapat perangkat yang bisa mendukung kinerja karyawan yaitu laptop terbaik. Salah satu cara mendapatkan laptop terbaik untuk kerja adalah sewa laptop di Asani. Dengan menyewa laptop di Asani, Anda bisa semakin menghemat biaya operasional hingga 25%. Asani melayani wilayah sewa laptop Jakarta, Bodetabek, Bandung, dan Jogja. Segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post