Keunggulan Internet Jaringan 5G

Kartika Rachmania, Selasa, 22 Juni 2021

Layanan 5G sudah mulai masuk Indonesia dan pengadaannya akan dilakukan secara bertahap. Telkomsel adalah operator seluler pertama yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kominfo. Telkomsel akan hadir di wilayah Jabodetabek terlebih dahulu yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera. Kemudian menyusul kota lainnya yaitu Medan, Batan, Bandung, Balikpapan, Solo, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. 


Keunggulan Internet Jaringan 5G


Dengan adanya 5G, kecepatan data akan menjadi lebih tinggi dari 4G. Kecepatan ideal 5G bisa mencapai 10 Gbps sehingga aplikasi yang menuntut kecepatan tinggi bisa dijalankan dengan super cepat. Beberapa produsen smartphone sudah mulai memberikan pernyataan mengenai perangkatnya yang mendukung layanan 5G. Bisa dipastikan, orang mulai banyak yang mencari perangkat 5G meskipun layanannya masih terbatas. 


Hanya saja, perlu diketahui bahwa saat ini tidak semua ponsel 5G bisa menerima sinyal milik Telkomsel. Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 Ghz, jadi hanya ponsel 5G dengan dukungan band N40 yang bisa menangkap sinyal 5G Telkomsel. Ponsel yang diklaim bisa menangkap sinyal 5G Telkomsel pun harus dipastikan bahwa fitur 5G harus di-unlock. Beberapa ponsel yang sudah mendukung 5G, saat masuk ke Indonesia fitur tersebut masih dikunci. Namun, update untuk membuka fitur 5G di ponsel akan dikirimkan dalam waktu dekat.



Another Post