Keunggulan Mouse Wireless dibandingkan dengan Mouse Kabel

Kartika Rachmania, Kamis, 10 Juni 2021

Meskipun berukuran kecil, tapi mouse memiliki fungsi terhadap penggunaan komputer agar bisa dipakai dengan optimal. Mouse adalah perangkat keras yang menggerakan kursor di dalam monitor sehingga bisa melakukan perintah dari pengguna. Cara mengoperasikannya yaitu dengan menghubungkan kabel pada mouse ke komputer melalui kabel USB di CPU komputer atau laptop. 

Seiring perkembangan zaman, sudah ada mouse yang diproduksi tidak menggunakan kabel dan dikenal dengan mouse wireless. Namun, sampai saat ini mouse dengan kabel juga masih tetap diproduksi, sih. Kabel pada mouse dinilai mengganggu dan memperlambat proses kerja sehingga banyak orang yang sudah mulai memilih menggunakan mouse wireless.

Keunggulan Mouse Wireless

Berikut adalah keunggulan mouse wireless dibandingkan dengan mouse kabel:

  • Fleksibel

Mouse wireless sangat mudah dibawa ke mana pun ketika bekerja dan tidak butuh ruang penyimpanan yang banyak. Sementara itu, mouse kabel perlu tempat khusus dan kabel tidak boleh digulung asal-asalan. Jika kabel rusak atau putus, maka mouse tak dapat dipakai lagi. 

  • Desain keren

Desain mouse wireless sudah jauh lebih keren serta memiliki bentuk dan warna yang yang trendi. Sementara itu, model dan warna mouse kabel biasanya masih monoton.

  • Teknologi dengan Bluetooth, RF, dan Infrared

Jika mouse kabel masih menggunakan koneksi colokan USB, maka mouse wireless sudah menggunakan infrared, bluetooth, dan radio frekuensi. Dengan koneksi tersebut, sinyalnya lebih kuat dan panjang sehingga bisa digunakan dari jarak beberapa meter.

  • Ruang lebih luas

Dengan adanya kabel, ruang gerak mouse menjadi terbatas karena mouse kabel harus selalu terpasang di USB agar bisa berfungsi. Bandingkan jika Anda menggunakan mouse wireless yang bisa dipakai di mana saja dan jaraknya bisa disesuaikan. Anda juga tak perlu repot mengatur posisi kabel agar mouse bisa berfungsi dengan baik. 

Itulah keunggulan mouse wireless yang bisa Anda jadikan pertimbangan jika ingin mengganti mouse. Tentu saja mouse wireless juga memiliki kekurangan, tapi hal itu tidak terlalu menghambat kinerjanya. Penggunaan mouse wireless ini sangat cocok untuk Anda yang butuh banyak gerakan mouse sehingga Anda leluasa bergerak.


Another Post