Keuntungan Sewa Laptop untuk Perusahaan daripada Membeli

Kartika Rachmania, Selasa, 19 Januari 2021

Membeli laptop baru untuk perusahaan mungkin terdengar lebih menggiurkan daripada harus sewa laptop. Padahal, menyewa laptop atau PC untuk kebutuhan perusahaan bisa lebih menguntungkan daripada membeli laptop baru.

Berkembangnya laptop dan PC membuat para pengguna termasuk perusahaan ingin selalu memiliki tipe baru agar sesuai dengan perkembangan zaman dan diharapkan bisa meningkatkan hasil bisnis. Namun, membeli laptop dalam jumlah banyak tentu membutuhkan modal yang besar, nah, bagaimana jika perusahaan tidak memiliki budget besar untuk pengadaan laptop atau PC? Salah satu solusinya adalah sewa laptop. Menyewa laptop adalah salah satu cara populer untuk mengurangi investasi teknologi, tapi tetap membantu meningkatkan produktivitas dan hasil bisnis. 

Keuntungan Sewa Laptop untuk Perusahaan

Keuntungan menggunakan sistem menyewa laptop ini sudah banyak dirasakan perusahaan. Berikut adalah penjelasan lebih mendalam mengenai keuntungan yang akan diperoleh jika menggunakan jasa penyewaan laptop:

  • Hemat Budget

Dibandingkan dengan membeli laptop baru, menyewa laptop akan lebih menguntungkan karena perusahaan bisa menekan pengeluaran. Harga sewa laptop akan lebih murah daripada membeli baru. Investasi besar untuk inventaris barang perusahaan bisa dialihkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

  • Laptop dengan Perangkat yang Up to Date

Teknologi yang terus berkembang membuat perusahaan harus selalu up to date dengan teknologi sehingga perangkat keras atau lunak yang dibutuhkan juga akan terus berkembang. Perusahaan tidak mungkin selalu melakukan peremajaan laptop, jadi menyewa laptop bisa menjadi alternatif. Misalnya, jika Anda memiliki masa sewa satu tahun, setelah masa sewa habis, Anda bisa memilih komputer yang lebih baru dan cepat.

  • Pilihan Sesuai Kebutuhan

Di tempat jasa sewa komputer, ada berbagai jenis produk yang bisa dipilih berdasarkan harga, brand dan spesifikasi. Anda bisa memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan, jadi Anda tidak perlu rental laptop dengan spesifikasi tinggi jika tidak membutuhkan. Biaya yang akan Anda keluarkan juga akan berkurang karena harga sewa mengikuti spesifikasi. 

  • Ada Layanan Perbaikan dan Tidak Ada Biaya Servis

Anda tidak perlu memikirkan biaya servis untuk perangkat keras dan lunak jika terjadi kerusakan. Namun, perlu dilihat lagi isi surat perjanjian Anda dengan pihak jasa penyewaan laptop apakah Anda perlu membayar kerusakan dan apakah ada biaya tambahan untuk teknisi laptop. Beberapa tempat rental laptop sudah menyediakan teknisi yang akan membantu Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Bisa Digunakan dalam Waktu Panjang

Lamanya waktu penyewaan laptop bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan Anda. Beberapa tempat rental laptop memberikan pilihan untuk sewa laptop bulanan, dan sewa laptop tahunan. 

Mengapa Sewa Laptop atau PC Lebih Menguntungkan daripada Membeli?

Perusahaan atau instansi umumnya lebih menyukai sistem rental laptop karena keuntungan yang diperoleh. Berikut adalah tabel perbandingan antara menyewa laptop atau membeli agar Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda harus menyewa atau membeli laptop.

Tabel Perbandingan Beli atau Sewa Komputer di ASANI

*Syarat dan ketentuan berlaku

Alasan lain mengapa menyewa laptop lebih menguntungkan perusahaan daripada membeli barang baru adalah karena nilai laptop atau komputer bisa terdepresiasi sehingga harga akan menurun jika dijual kembali. Jika perusahaan Anda mengandalkan performa dan harus selalu update dengan teknologi, menyewa laptop atau komputer adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan karena setelah masa sewa pertama selesai, Anda bisa mengganti dengan unit yang lebih up to date dengan segera.

Itulah beberapa keuntungan sewa laptop yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum menyewa laptop untuk kebutuhan perusahaan Anda. Bagi perusahaan lama ataupun startup yang baru memulai usaha, Anda bisa menggunakan jasa sewa laptop untuk memenuhi kebutuhan produktivitas karyawan. Sewa laptop adalah pilihan cerdas untuk mengurangi alokasi investasi pengadaan barang sehingga dana bisa digunakan untuk hal lain seperti pemasaran. Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Another Post