Kuota yang Dibutuhkan untuk Sosial Media

Kartika Rachmania, Selasa, 18 Mei 2021

Bagi sebagian orang, penggunaan internet pada masa sekarang ini hampir sudah termasuk kebutuhan utama. Mencari informasi, berkomunikasi, mencari hiburan, atau kegiatan lainnya semua bisa dilakukan dengan jaringan internet. Semua orang bisa menjadi ketergantungan karenanya. Kira-kira berapa ya kuota yang dibutuhkan orang untuk mengakses internet? Berapa kuota ideal yang harus disiapkan setiap bulan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Zoom

Aplikasi ini populer digunakan untuk sekolah atau bekerja online dari rumah. Untuk menggunakan Zoom, dibutuhkan kecepatan internet 600 Kbps – 1.8 Mbps. Untuk video satu jam, Anda bisa menghabiskan >1GB. Jika Anda menggunakan kualitas video yang rendah, mungkin akan lebih hemat kuota.

Google Meet

Untuk menggunakan Zoom, dibutuhkan kecepatan internet 300 Kbps – 2.6 Mbps. Untuk video satu jam dengan gambar resolusi tinggi, Anda bisa menghabiskan >1GB. Jika Anda menggunakan kualitas video yang rendah, mungkin akan lebih hemat kuota. Untuk penggunaan lebih hemat, Google Meet adalah pilihan yang lebih hemat.

Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang digemari banyak orang untuk berbagi foto dan video. Untuk mengunggah satu foto, kuota yang diperlukan sekitar 5MB. Jika ingin menggunakan Instagram live, Anda memerlukan kecepatan internet minimum 3Mbps. Jadi, satu jam live Anda bisa menghabiskan >1GB.

Whatsapp

Whatsapp call menghabiskan data sekitar 800kb – 1.3 Mb per menit, video call sekitar 2,9 Mb per menit, mengirim pesan teks setiap karakter nilainya 1 bytes. Kuota yang dibutuhkan relative lebih kecil daripada aplikasi untuk conference atau media sosial lain.

Youtube

Untuk streaming video, dibutuhkan kecepatan internet minimal 3Mbps. Semakin tinggi kualitas video yang ditonton, semakin besar pula kuota yang dibutuhkan. 

Berapa kuota ideal yang dibutuhkan pengguna internet aktif?

Tidak ada jawaban pasti untuk hal ini. Namun, pengguna internet di Indonesia rata-rata menyiapkan kuota > 5GB setiap bulan untuk berselancar di internet. Jika Anda sangat menyukai streaming film, tentunya kuota yang dibutuhkan jauh lebih banyak daripada itu. 

Another Post