Laptop Apple Terbaik untuk Perusahaan

Kartika Rachmania, Jumat, 5 Februari 2021

Laptop Apple atau MacBook memiliki berbagai jenis dengan harga yang cukup mahal, tapi kualitasnya sangat baik. Sistem operasi laptop Apple mengunakan MacOS yang berbeda dengan laptop lain di pasaran. Eksklusivitas dan kecanggihan teknologi itu yang membuat harga laptop Apple lebih tinggi dibandingkan harga laptop lain. Untuk mencari laptop Apple terbaik untuk perusahaan, Anda perlu mengetahui tips memilih laptop terbaik.

Cara Memilih Laptop Apple

Memilih laptop Apple untuk kebutuhan produktivitas bisa dilihat dari cara berikut ini:

1. Pilih sesuai kebutuhan

Sebelum membeli MacBook, Anda perlu tahu kebutuhan penggunaan laptop apakah untuk sekolah, kuliah, atau bekerja. Memilih MacBook sesuai kebutuhan sangat penting agar Anda bisa menekan budget sehingga tak perlu membeli Macbook yang mahal.

Untuk pekerjaan desain dan editing, jangan memilih MacBook dengan RAM kecil. Pilih MacBook Pro yang minimal menggunakan RAM 16GB agar mempermudah atau mempercepat proses rendering video.

2. Model

Laptop Apple yang sudah masuk pasar Indonesia di antaranya adalah MacBook Air, MacBook Pro, MacBook Pro Retina Display, MacBook Pro Touch Bar.

  • MacBook Air: ukuran layar yang tersedia adalah 11” dan 13”. Bobotnya ringan, dan lebih tipis dari MacBook Pro, tapi kinerja tetap powerful. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, laptop ini cocok untuk dijadikan pilihan.
  • MacBook Pro: ukuran layar mulai dari 13”, 15” dan 17”. Laptop ini cocok untuk pekerja professional di bidang grafis, video, atau programming.
  • MacBook Pro Retina: Tampilan layar pada laptop ini lebih detail dari komposi warna dan nyaman untuk mata ketika sedang bekerja. Kinerja laptop Apple model ini lebih powerful daripada MacBook Air dan MacBook Pro.
  • MacBook Pro Touch Bar: Model laptop ini memiliki touch bar sebagai jalan pintas untuk tugas yang sering Anda lakukan. Touch Bar ini menggantikan fungsi satu baris tombol bagian atas keyboard dengan layar sentuh. Misalnya, Anda bisa melihat slideshow foto hanya dengan menggeser jari di area layar sentuh tersebut atau saat Anda mengedit foto, Anda bisa menambah tingkat kecerahan dan contrast gambar.

3. Spesifikasi

Saat ini, MacBook sudah tidak menggunakan HDD lagi untuk penyimpanan dan menggantinya dengan SSD. Pilihlah kapasitas penyimpanan dan RAM yang besar untuk Anda berprofesi sebagai video editor, programmer atau lainnya membutuhkan aplikasi berat. Selain itu, pilihlah MacBook dengan prosesor tinggi minimal prosesor core i5. Namun, jika Anda memiliki budget lebih, pilihlah laptop core i7 yang memiliki kecepatan lebih tinggi.

4. Budget

Jika Anda telah memilih model MacBook yang ingin Anda beli, Anda perlu menyiapkan budget pilihan model MacBook yang ingin Anda beli adalah MacBook Pro Retina atau Touch Bar, maka Anda perlu menyiapkan dana lebih karena harga MacBook tersebut sangat tinggi dibandingkan dengan laptop Apple model lain. Selain harga laptop, Anda juga perlu memikirkan biaya tambahan aksesoris seperti adapter, pelindung layar, atau aksesoris layarnya.

5. Garansi

Jika Anda membeli MacBook bekas, Anda mungkin tidak mendapatkan garansi resmi dari Apple kecuali penjual memberikan laptop yang masa garansinya belum habis. Jika Anda ingin mendapatkan garansi resmi, maka Anda harus membeli MacBook baru. Anda juga bisa menambah garansi laptop jika memiliki dana lebih dengan membeli layanan AppleCare Protection Plan.

Kelebihan Laptop Apple

Harga MacBook memang lebih tinggi, tapi peminat untuk jenis laptop ini tetap banyak. Beberapa alasan mengapa Apple masih menjadi pilihan :

1. Desain yang sederhana, elegan, dan ekslusif

Laptop MacBook memiliki desain elegan dan berkelas sehingga membuat mata langsung tertarik. Kesan eksklusif didapat karena pengguna MacBook tak sebanyak pengguna laptop dari merk lain.

2. Instalasi dan upgrade software yang mudah

Dengan sistem operasi MacOS, Anda bisa menginstall dan upgrade software dengan mudah. Software Mac bisa langsung di-install ketika akan digunakan.

3. Tak ada virus

Ketahanan MacOS terhadap serangan virus jauh lebih kuat daripada Windows karena fitur keamanan yang berlipat-lipat.

4. Fungsi dan fitur yang lengkap

Fitur-fitur dalam Mac jauh lebih lengkap dan unggul daripada produk lainnya.

5. Material yang kokoh, awet, dan tahan banting

Hardware di laptop Apple dibalut dengan bahan terbaik sehingga kuat dan tahan banting. Produk Apple dibuat dengan bahan premium berkualitas tinggi, jadi sangat wajar jika harga yang ditawarkan juga tinggi.

Laptop Apple Terbaik untuk Perusahaan

Jika Anda sedang mencari MacBook untuk kebutuhan perusahaan, Anda bisa mempertimbangkan untuk sewa di Asani. Membeli MacBook untuk kebutuhan bisnis lebih mahal dibandingkan menyewa apalagi jika Anda harus menyediakan banyak laptop untuk karyawan. Anda bisa menghemat jutaan rupiah jika memutuskan untuk sewa Macbook di ASANI.

Baca Juga: Keuntungan Sewa Laptop daripada Membeli

Produk laptop Apple di ASANI:

1. MacBook Pro 13” 2019

Produk laptop lain yang disewakan oleh ASANI dapat dilihat di katalog sewa laptop. Anda bisa langsung menyewa laptop untuk perusahaan langsung dengan cara mendaftar di website ASANI.


Another Post