Mana yang Lebih Baik untuk Perusahaan, Laptop atau PC?

Kartika Rachmania, Selasa, 26 Januari 2021

Sebagian orang bingung menentukan lebih baik PC atau laptop untuk digunakan di perusahaan meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menunjang produktivitas karyawan. Laptop atau PC adalah aset penting bagi perusahaan yang membantu menunjang kebutuhan agar bisnis tetap berjalan.

Secara umum, PC memang bisa lebih diandalkan karena performanya lebih tangguh daripada laptop. Namun, PC juga memiliki kelemahan yaitu tidak praktis karena tidak bisa dibawa ke mana-mana.

Nah, sebelum menentukan untuk memilih PC atau laptop yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, simak dulu keunggulan dan kelemahan dari keduanya.

Keunggulan dan Kelemahan Laptop

Tiap tahun, pengguna laptop semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan. Ada beberapa keunggulan laptop yang mungkin tidak akan Anda dapatkan dari PC seperti fleksibilitasnya. Berikut ini adalah tabel kelebihan laptop dan kelemahan laptop:

Keunggulan dan Kelemahan PC

Desktop PC memiliki keunggulan dari segi performa yang lebih tinggi dan harga yang biasanya lebih murah daripada laptop. Berikut adalah tabel kelebihan dan kelemahan dari PC:

Apa perusahaan Anda lebih cocok menggunakan PC atau Laptop?

Pemilihan penggunaan PC atau Laptop harus berdasarkan kebutuhan. Sebelum memilih laptop atau PC untuk perusahaan Anda, pastikan dulu keperluan yang Anda butuhkan apakah untuk kebutuhan administrasi, bisnis, multimedia atau yang lainnya. Misalnya karyawan yang memiliki mobilitas tinggi di luar ruangan akan lebih tepat untuk diberikan laptop yang menunjang aktivitasnya. Jika kebutuhan karyawan adalah tugas berat seperti design atau editing multimedia, PC akan lebih kuat menunjang kerja. Orang yang mengunakan PC biasanya untuk keperluan multimedia karena processor, RAM dan VGA lebih tangguh dibandingkan laptop.

Simak tabel di bawah ini agar Anda bisa memperkirakan mana yang cocok untuk perusahaan Anda apakah laptop atau PC.

Laptop dan PC memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda lebih baik memilih komputer terbaik yang sesuai dengan kebutuan dan harga yang sesuai budget dengan mempertimbangkan kenyamanan saat menggunakannya.

Membeli laptop atau PC baru dalam jumlah banyak untuk perusahaan akan memakan biaya yang besar. Selain biaya yang besar di awal, Anda juga perlu menyiapkan budget khusus untuk perbaikan jika terjadi kerusakan. Jika Anda ingin menghemat jutaan rupiah dan mengurangi beban biaya perusahaan pada PC atau Laptop, Anda bisa mempertimbangkan untuk sewa laptop untuk perusahaan daripada membeli laptop baru. Sewa laptop atau sewa komputer bisa menghemat jutaan rupiah dan Anda tidak perlu khawatir dalam hal service atau maintenance karena sudah satu paket dengan jasa sewa laptop.

Baca Juga: Lebih Untung Mana Sewa atau Beli Laptop?