Tips Memilih Laptop untuk Editing Video dan Rekomendasi Terbaik bagi Perusahaan

Kartika Rachmania, Senin, 15 Februari 2021

Berkembangnya dunia content creator membuat permintaan laptop untuk editing semakin meningkat. Para creator mengandalkan laptop untuk membuat desain grafis, editing video atau foto, maupun membuat animasi. Para pekerja kreatif sangat membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang unggul agar pekerjaan lancar tanpa hambatan berarti. Namun, memilih laptop editing bukan hal mudah karena jika salah membeli atau menyewa, Anda bisa rugi dan tentu saja menghambat pekerjaan. Simak tips memilih laptop untuk editing video agar Anda tidak salah pilih dan laptop dapat bekerja maksimal.

Tips Memilih Laptop untuk Editing Video

Kegiatan editing video termasuk pekerjaan yang membutuhkan aplikasi berat sehingga dibutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi. Semakin berat pekerjaan yang Anda lakukan, maka dibutuhkan spesifikasi laptop yang semakin tinggi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih laptop editing terbaik yaitu :

1. Prosesor

Prosesor yang popular dan banyak digunakan saat ini adalah Intel atau AMD. Soal performa, kedua prosesor tersebut sudah bisa bersaing meskipun saat ini Intel masih mendominasi. Saat Anda memilih laptop editing, pilihlah laptop dengan prosesor terbaru dari seri Intel maupun AMD sebab perbedaan performa generasi baru akan cukup signifikan daripada generasi lama. Untuk prosesor Intel, minimal gunakan Intel Core i5, tapi jika ada dana lebih maka pilih Intel Core i7. Untuk prosesor AMD dengan budget terbatas bisa pilih AMD Ryzen 5, tapi jika ingin kinerja lebih baik pilihlah AMD Ryzen 7.

2. RAM

Untuk kenyamanan dalam bekerja, minimal RAM yang dibutuhkan adalah 8GB. Jika Anda menginginkan kinerja yang lebih maksimal maka pilih / upgrade RAM menjadi 16GB. Kapasitas RAM yang besar akan membuat kerja Anda menjadi lebih lancar dan Anda bisa mengerjakan pekerjaan lain bersamaan.

3. Penyimpanan

Untuk performa yang lebih baik, pilihkan penyimpanan berbasis SSD. Penyimpanan SSD lebih cepat dalam transfer data, booting, resume, atau membuka software editing. SSD juga mudah dibawa dan aman dari guncangan karena resiko kerusakan yang rendah.

4. GPU

GPU (Graphic Processing Unit) adalah komponen penting untuk memaksimalkan kemampuan visual saat mengedit video, gambar, atau foto. VGA Card berpengaruh jika Anda bekerja mengedit video. Semakin tinggi kelas GPU, proses rendering akan semakin cepat. Pilihlah NVIDIA seri GTX atau RTX, atau seri RX dari AMD agar proses kerja bisa optimal.

5. Sistem Pendingin

Sistem pendingin yang baik akan membuat laptop tetap bekerja dengan optimal meskipun harus bekerja keras. Laptop untuk editing biasanya memiliki spesifikasi hardware yang lebih bagus dan memiliki sistem pendingin dengan kualitas baik sehingga tak mengganggu pada saat bekerja.

6. Ukuran dan Resolusi Layar

Pilihlah laptop dengan ukuran dan resolusi terbaik agar nyaman karena Anda akan menghabiskan waktu dengan menatap layar dalam waktu yang lama. Layar 15” adalah ukuran yang pas untuk mengedit video, tapi jika Anda ingin mobilitas lebih mudah, pilihlah ukuran layar 13”-14”.

Laptop untuk Editing Video Terbaik

Berikut adalah rekomendasi laptop editing video yang bisa membantu karyawan di perusahaan agar lebih produktif:

1. Dell Latitude E5440

Dell Latitude E5440 memberikan layar resolusi HD (1366x768) WLED, dan HD+ (1600x900). Ukuran layar laptop ini adalah 14 inch dan beratnya kurang dari 2kg. Berikut adalah spesifikasi Dell Latitude E5440 di ASANI:

2. Dell Latitude E6440

Dell Latitude E6440 memiliki performa yang cukup bisa diandalkan dengan prosesor Intel Core i7, kapasitas RAM dan penyimpanan yang besar. Laptop Dell Latitude ini cocok untuk bekerja dalam bidang editing atau desain.

Berikut adalah spesifikasi Dell Latitude E6440 di ASANI:

3. Lenovo Legion Y7000

Lenovo Legion Y7000 adalah termasuk seri laptop gaming yang juga bisa digunakan untuk bekerja dalam bidang desain grafis atau editing video karena spesifikasinya yang sangat mumpuni.

Berikut adalah spesifikasi Lenovo Legion Y7000 di ASANI:

4. HP Pavilion X360 14-dh1054TX / 1055TX

Laptop HP Pavilion X360 14-dh1054TX / 1055TX cocok untuk keperluan editing video atau desain grafis karena sudah dibekali dengan prosesor Intel Core i7, dan penyimpanan menggunakan SSD sehingga kecepatan transfer jauh lebih cepat

Berikut adalah spesifikasi HP Pavilion X360 14-dh1054TX / 1055TX di ASANI:

5. HP Envy X360

Laptop HP Envy X360 cocok untuk dibawa ke mana-mana jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi karena berukuran kecil, stylish, dan ringan. Didukung dengan prosesor Intel Core i7, RAM yang besar dan penyimpanan yang menggunakan SSD, kinerja laptop HP ini sudah cukup mumpuni untuk bekerja di bidang editing.

Berikut adalah spesifikasi HP Envy X360 di ASANI:

6. ASUS ROG GL531GT

Laptop ASUS ROG dikenal sebagai laptop gaming, tetapi laptop ASUS ini tetap bisa digunakan untuk bekerja professional. Laptop ASUS ROG GL531GT ini memiliki ukuran layarnya cukup besar, dan berat sekitar 2.3kg.

Berikut adalah spesifikasi ASUS ROG GL531GT di ASANI:

Memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan sangat penting untuk dipertimbangkan agar nantinya tidak ada kendala saat bekerja. Selain laptop untuk editing, di ASANI juga menyediakan laptop untuk admin, bisnis, dan developer dengan spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Sewa laptop di ASANI akan lebih menguntungkan untuk perusahaan daripada membeli. 


Another Post