Laptop untuk Programmer

Kartika Rachmania, Rabu, 19 Oktober 2022

Laptop untuk para programmer harus dibekali dengan spesifikasi yang menawarkan power luar biasa untuk menjalankan aplikasi sehingga pada saat bekerja tidak ada gangguan. Ketika mencari laptop untuk coding, Anda mungkin akan mendapat beberapa pilihan dengan harga yang tinggi. 

Jika Anda memerlukan laptop programmer di perusahaan yang memiliki beberapa anggota tim, berarti Anda harus mengeluarkan biaya banyak untuk menyediakannya. Ada solusi lain yang lebih menguntungkan untuk perusahaan Anda daripada membeli laptop baru, yaitu dengan menyewa laptop. 

Tips Memilih Laptop untuk Programmer

Para programmer membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang unggul agar pekerjaan lancar. Simak beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih laptop untuk programming:

  1. Prosesor 

Prosesor Intel: minimal gunakan Intel Core i5. 

Prosesor AMD: minimal AMD Ryzen 5.

  1. RAM

Untuk kenyamanan dalam bekerja, minimal RAM yang dibutuhkan adalah 8GB. 

  1. Penyimpanan

Penyimpanan SSD lebih cepat dalam transfer data, booting, atau membuka software. SSD juga mudah dibawa dan aman dari guncangan karena resiko kerusakan yang rendah. 

  1. GPU

GPU tidak terlalu berpengaruh pada saat ngoding, jadi kartu graphic biasa pun sudah cukup.

  1. Sistem Operasi

Sistem operasi: Linux, Windows, dan macOS. Ketahui jenis programming apa yang Anda lakukan karena ada jenis programming yang dibatasi sehingga Anda perlu memakai salah satu sistem operasi. 

  1. Resolusi Layar

Pilihlah laptop dengan ukuran dan resolusi terbaik (Full HD: 1920 x 1080) agar nyaman karena Anda akan menghabiskan waktu dengan menatap layar dalam waktu yang lama. Namun, jika dana terbatas, maka layar 1366x768 pun sudah cukup. 

  1. Keyboard

Memiliki keyboard yang nyaman untuk menulis kode adalah suatu keharusan. 

  1. Portabilitas

Layar 15” adalah ukuran yang pas, tapi jika Anda ingin mobilitas lebih mudah, pilihlah ukuran layar 13”-14”. 

Laptop Terbaik untuk Programmer


Jika perusahaan membutuhkan laptop atau komputer untuk perangkat kerja seorang programmer, Anda bisa menghubungi Asani untuk berkonsultasi mencari laptop yang cocok. Asani menyediakan sewa laptop berbagai merek dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pekerja. 

Asani mampu memberikan solusi untuk segala masalah kebutuhan perangkat IT karena dengan sewa laptop di Asani, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi dan konsultasi dengan IT Expert. Cek katalog Asani sekarang juga. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post