Laptop untuk Programming

Kartika Rachmania, Senin, 3 Mei 2021

Ketika ingin belajar menjadi seorang programmer, tak jarang muncul pertanyaan laptop seperti apa yang cocok untuk programming. Ada berbagai merek dan tipe laptop yang tersedia di toko sehingga bisa membingungkan sebagai pembeli. Para programmer membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang unggul agar pekerjaan lancar tanpa hambatan berarti. Simak tips memilih laptop untuk programming agar Anda tidak salah pilih dan laptop dapat bekerja maksimal.

Memilih Laptop untuk Programming

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih laptop untuk programming:

1. Prosesor

Prosesor yang banyak digunakan saat ini adalah Intel atau AMD. Soal performa, kedua prosesor tersebut sudah bisa bersaing meskipun saat ini Intel masih mendominasi. Saat Anda memilih laptop programming, pilihlah laptop dengan prosesor terbaru dari seri Intel maupun AMD sebab perbedaan performa generasi baru akan cukup signifikan daripada generasi lama. Untuk prosesor Intel, minimal gunakan Intel Core i5, tapi jika dana terbatas Intel Core i3 juga sudah cukup. Untuk prosesor AMD dengan budget terbatas bisa pilih AMD Ryzen 5.

2. RAM

Untuk kenyamanan dalam bekerja, minimal RAM yang dibutuhkan adalah 8GB. Jika dana terbatas, membeli laptop RAM 4GB juga tidak masalah jika laptop memiliki 2 slot RAM. Nanti, RAM-nya bisa ditambah lagi 4GB sehingga total RAM menjadi 8GB. Kapasitas RAM yang besar akan membuat kerja Anda menjadi lebih lancar.

3. Penyimpanan

Untuk performa yang lebih baik, pilihkan penyimpanan berbasis SSD. Penyimpanan SSD lebih cepat dalam transfer data, booting, atau membuka software. SSD juga mudah dibawa dan aman dari guncangan karena resiko kerusakan yang rendah.

4. GPU

GPU tidak terlalu berpengaruh pada saat ngoding. Kartu graphic biasanya pun sepertinya sudah cukup, kecuali jika Anda juga ingin bermain games dengan laptop tersebut.

5. Sistem Operasi

Sistem operasi yang paling dipakai untuk programming atau pemakaian biasa adalah Linux, Windows, dan OS X. Tentukan dulu jenis programming apa yang Anda lakukan karena ada jenis programming yang dibatasi sehingga Anda perlu memakai salah satu sistem operasi. Misalnya, aplikasi produk Apple wajib menggunakan OS X, dan itu tidak bisa dilakukan dengan sistem operasi lain. Namun, ada juga jenis programming yang tak dibatasi penyedia sehingga bisa digunakan di berbagai sistem OS.

6.  Resolusi Layar

Pilihlah laptop dengan ukuran dan resolusi terbaik (Full HD: 1920 x 1080) agar nyaman karena Anda akan menghabiskan waktu dengan menatap layar dalam waktu yang lama. Namun, jika dana terbatas, maka layar 1366 x 768 pun sudah cukup.

7. Keyboard

Memiliki keyboard yang nyaman untuk menulis kode adalah suatu keharusan. Perhatikan feedback yang didapat, kerapatan satu tombol dengan lainnya, kelembutan saat ditekan.

8. Portabilitas

Laptop memungkinkan kita bekerja di mana saja. Layar 15” adalah ukuran yang pas, tapi jika Anda ingin mobilitas lebih mudah, pilihlah ukuran layar 13”-14”. 


Pada dasarnya, semua laptop bisa dipakai untuk programmer, kecuali beberapa jenis programming yang memang butuh spesifikasi khusus. Memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan sangat penting untuk dipertimbangkan agar nantinya tidak ada kendala saat bekerja. ASANI juga menyediakan laptop untuk admin, bisnis, desainer, dan developer dengan spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Sewa laptop di ASANI akan lebih menguntungkan untuk perusahaan daripada membeli.