Tujuan dan Manfaat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Perusahaan

Kartika Rachmania, Selasa, 28 September 2021

Kesehatan dan keselamatan kerja dalam lingkungan kerja adalah isu yang penting karena siapapun pasti menginginkan lingkungan kerja yang memberikan rasa aman. Tidak hanya rasa aman untuk pekerja, tapi juga perusahaan. Berdasarkan PP RI No 50 Tahun 2012, Sistem Manajemen K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Dari PP tersebut, sudah diatur bagaimana Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang harus dijalankan. Tujuan dan manfaat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di perusahaan tidak hanya menguntungkan karyawan, tapi juga perusahaan.

Tujuan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dalam PP PP RI No 50 Tahun 2012, pemerintah menjelaskan tujuan adanya Sistem Manajemen K3 di lingkungan kerja yaitu:

  1. Meningkatkan efektifitas perlindungan, keselamatan, dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.
  2. Mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh, dan /atau serikat pekerja/serikat buruh
  3. Menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas

Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tidak hanya untuk mematuhi aturan pemerintah semata, tapi juga melindungi hak pekerja agar proses di perusahaan berjalan baik. Perlindungan karyawan termasuk fisik, psikis, maupun materi. Dengan adanya sistem K3 bisa menjadi bukti dan jaminan bahwa proses dalam perusahaan berlangsung aman. Angka kecelakaan yang rendah, minim produksi cacat juga memberikan bukti bahwa perusahaan normal dan mampu beroperasi dengan baik untuk menyediakan stok yang dibutuhkan oleh calon pelanggan.

Manfaat Pelaksanaan Sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Manfaat penerapan sistem manajemen K3 yaitu: 

1.Menyadarkan karyawan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja

Adanya peraturan tentang keselamatan kerja bisa membuat karyawan bisa lebih sadar terhadap bahaya dan risiko di tempat kerja sehingga bisa lebih awas untuk menjaga kesehatan. Selain itu, kesadaran karyawan tentang kesehatan dan keselamatan kerja juga dapat membantu perusahaan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan langkah pencegahan yang lebih baik. 

2.Meningkatkan kepercayaan dan reputasi perusahaan

Reputasi perusahaan akan meningkat jika memiliki tunjangan kesehatan dan keselamatan kerja. Jika hal itu tersebar di internet, bisa menarik kandidat terbaik untuk melamar di perusahaan tersebut. Selain itu, reputasi yang baik juga menarik perusahaan maupun lembaga untuk bekerjasama dengan perusahaan. Namun, jika tidak ada tunjangan kesehatan dan keselamatan kerja, suatu saat bisa dinilai sebagai kekurangan perusahaan.

3.Meningkatkan performa karyawan 

Adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja membuat karyawan bisa merasa lebih aman dan nyaman sehingga bisa membuat karyawan bekerja lebih produktif. Performa mereka juga akan meningkat seiring berjalannya waktu.

4.Menciptakan sistem manajemen yang efektif dan bisa menurunkan angka kerugian

Adanya pengetahuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja memungkinkan kecelakaan bisa dicegah dan dihindari lebih maksimal. Pengaturan jam kerja dan jadwal lembur karyawan termasuk salah satu sistem K3 yang bertujuan untuk mengurangi stress akibat jam kerja yang terlalu lama. Stress bisa mengakibatkan banyak penyakit yang mengakibatkan buruknya performa karyawan. Perusahaan dapat mengurangi kerugian karena karyawan sakit atau kecelakaan kerja.

Isu kesehatan dan keselamatan kerja adalah hal yang sangat penting di lingkungan kerja. K3 adalah hal sadar yang harus diberikan perusahaan untuk karyawan agar nyaman bekerja. Agar penerapan Sistem Manajemen K3 berjalan maksimal, diperlukan pemahaman tentang keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja.

Untuk meningkatkan produktivitas karyawan, juga diperlukan perangkat komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan. Asani menyediakan sewa laptop dan komputer dengan harga kompetitif dan kualitas terbaik. Cek katalog Asani atau hubungi CS Asani untuk konsultasi gratis mengenai sewa laptop.


Another Post