Masalah dalam Procurement dan Cara Mengatasinya

Kartika Rachmania, Jumat, 31 Desember 2021

Proses pengadaan barang atau jasa (procurement) tidak luput dari kemungkinan adanya masalah. Kesalahan yang terjadi pada proses procurement dapat membuat kekacauan pada proses produksi. Maka dari itu, proses dan tahapan panjang yang dilalui harus selalu diperhatikan dan dijalankan dengan baik. 

Masalah Procurement yang Sering Terjadi

Inilah beberapa masalah dalam procurement yang sering terjadi dan cara mengatasinya: 

  • Adanya perubahan harga dan stok mendadak

Keadaan lapangan bisa berbeda dari yang tertera di atas kertas. Terkadang, bisa terjadi perubahan stok dadakan yang menyebabkan vendor tidak bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. Data barang dan harga yang tidak akurat dan terbaru bisa mempersulit perusahaan. Maka dari itu, tim procurement sebaiknya bertransaksi dengan 2 - 3 vendor lain sehingga kerugian bisa diminimalisir.

  • Layanan Mengecewakan

Layanan yang diberikan vendor tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Perusahaan yang kecewa biasanya akan berpikir ulang untuk memperbarui kontrak kerja sama di masa mendatang. 

  • Proses Procurement yang Lama

Waktu procurement yang lama bisa mempengaruhi produktivitas perusahaan. Penyebab lamanya waktu procurement seperti proses negosiasi yang berlarut-larut, pengaturan dan pembayaran tagihan yang lambat. 

  • Adanya kecurangan

Kecurangan bisa timbul jika ada niat dan peluang. Kecurangan terjadi jika seseorang ingin mengambil untung untuk diri sendiri, tidak ada peraturan kuat, dan pengawasan masalah keuangan. Kecurangan juga bisa saja terjadi karena tekanan pihak tertentu.

  • Komunikasi tidak lancar

Saat memilih vendor, perusahaan juga harus mempertimbangkan. Tips memilih vendor dapat dibaca pada artikel ini

Cara Mengatasi Masalah Procurement

Masalah di atas bisa diatasi dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk pengadaan barang dan jasa di perusahaan. Prosedur procurement harus dibuat efektif dan efisien sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian. Anda juga bisa menggunakan layanan e-procurement yang bisa memberikan solusi pengadaan barang atau jasa secara online. Proses yang dijalankan lebih transparan dan praktis sehingga menguntungkan perusahaan.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang bisa disesuaikan kebutuhan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post