Alasan Mengapa Waktu Kerja Terasa Lebih Lambat Saat WFH

Kartika Rachmania, Minggu, 4 April 2021

Ketika work from home, sering kali waktu kerja terasa lebih lama. Meskipun WFH bisa menghemat ongkos, tapi kebiasaan ini belum umum sehingga orang masih perlu adaptasi dan merasa waktu kerja terasa lambat. Waktu yang terasa lambat itu membuat lebih melelahkan dan energi cepat habis.

Kenapa waktu kerja terasa lebih lambat saat WFH?

1. Tidak ada waktu commute dan batasan jelas antara rumah-kantor

Jam kerja biasanya dihitung sejak berangkat ke kantor sampai kembali ke rumah. Waktu yang biasanya digunakan untuk commuting bisa dipakai untuk kerja lebih lama.

Ketidakjelasan batas antara rumah dan kantor itu juga membuat jam kerja terasa lebih lama karena Anda hanya berdiam diri di rumah. Seringkali, waktu senggang dipakai untuk mengerjakan hal lain dengan dalih masih WFH. Atau waktu siang hari terpakai untuk mengurusi urusan rumah, lalu bekerja pada saat malam hari. Tukar menukar waktu membuat Anda merasa hari sangat panjang.

2.  Online setiap saat

Masalah yang mungkin sering dihadapi adalah online setiap hal karena Anda tak benar-benar pulang ke rumah. Anda bisa duduk di depan laptop atau komputer sejak pagi buta dan terus online sampai malam karena memang tak ada kegiatan lain. Karena di rumah saja, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk memikirkan pekerjaan dan mengakses internet. Semua komunikasi terkait pekerjaan dilakukan dengan online sehingga tidak ada alasan untuk menunda membalas e-mail kantor.

3.  Belum adaptasi dengan kebiasaan baru

Pada awal masa WFH, rutinitas dan pola aktivitas berubah sehingga jam biologis tubuh juga berubah. Jam biologis ini mengatur kapan berangkat ke kantor, makan, istirahat, dan lainnya. Jika tadinya hidup sudah memiliki rutinitas harian, maka setelah WFH Anda akan kaget karena harus adaptasi dengan rutinitas baru. Hal ini yang menjadi penyebab waktu kerja terasa lebih lama. Kebanyakan pekerja juga masih bangun pagi seperti biasa saat masih ke kantor, jadi waktu dimiliki semakin banyak dan hari terasa makin panjang.

4.  Cemas berlebih

Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah itu bisa meningkatkan stress. Sejak adanya pandemi corona, ekonomi loyo dan banyak usaha yang tumbang, ada ketakukan atau kecemasan yang timbul sehingga tekanan untuk bekerja keras lebih besar. WFH mungkin akan sangat membuat stress daripada bekerja di kantor. Dari akumulasi tekanan dan stress tersebut, akan membuat diri semakin cemas hingga waktu jam kerja terasa semakin lama.


Nah, kira-kira itulah penyebab waktu terasa lebih lama saat WFH. Untuk keperluan laptop kantor karyawan yang WFH, Anda bisa mengandalkan Asani. Selain sewa laptop, Asani juga menyediakan jasa service laptop perusahaan dan Asset Recycling.

Another Post