Waspada! Jangan Sampai Kena Tipu dari NFT

Kartika Rachmania, Kamis, 21 Juli 2022

Semua jenis perdagangan tidak luput dari penipuan, tidak terkecuali blockchain dan NFT. Salah satu masalah penipuan yang terjadi adalah peniruan identitas pembuat maupun investor NFT yang mengakibatkan hilangnya NFT dan kripto di kedua sisi transaksi. Penipuan lain yang terjadi adalah scammer yang berpura-pura memberi hadiah NFT di mana mereka bisa mencuri uang maupun aset Anda.

Cara Menghindari Penipuan dengan Skema NFT

Jika Anda ingin masuk ke dunia NFT, berikut adalah panduan untuk menghindari penipuan dengan skema NFT:

1.Memeriksa setiap aspek transaksi sebelum menyetujuinya

Selalu waspada dan hati-hati sebelum menyetujui transaksi. Silakan cek:

  1. Apakah transaksi dilakukan di pasar yang memiliki reputasi baik? 
  2. Apakah pihak lain, penjual atau pembeli, memiliki riwayat transaksi yang dapat Anda lihat?

2. Jangan buka file apa pun dari pengirim yang tidak Anda kenal

Hindari mengklik tautan apa pun pada email, karena tautan dapat mengarah ke situs penipuan. Selain itu, para peretas sudah mulai membuat virus yang menargetkan dompet kripto, jadi Anda harus lebih berhati-hati.

3. Hati-hati dengan hadiah

Meskipun ada banyak ‘drops’, tapi bisa saja ‘drops’ ini membawa masalah. Peretas yang tidak bermoral dapat mengisi ‘drops’ dengan otorisasi untuk mengakses dompet, lalu menjual kepemilikan Anda. Jangan pernah menerima NFT dari seseorang yang tidak Anda kenal dan percayai 100%.

4. Jangan pernah memberikan seed phrase atau kunci pribadi dompet crypto Anda kepada siapa pun

Jika Anda memberikannya sembarangan, maka siapa pun dapat masuk ke dompet Anda dan menghapus NFT atau uang kripto tanpa jejak.


Saran yang terus berlaku dalam semua perdagangan yaitu jika tampak Too Good to Be True, maka biasanya demikian. Meskipun ada tawar-menawar harga, tetapi akuntabilitas tiap pembuat NFT masih perlu dipertanyakan. Ketika Anda tertipu, tidak ada tombol undo.


Another Post