Pekerjaan programmer
8990

Berkembangnya dunia IT dan teknologi membuat kebutuhan tenaga programmer semakin meningkat. Programmer dengan kemampuan di atas rata-rata sudah pasti menjadi buruan perusahaan. Makanya, tak heran jika bayaran seorang programmer amat tinggi karena supply-nya sedikit.

Programmer adalah salah satu profesi yang diminati kalangan muda karena dianggap memiliki prospek masa depan. Jika mendengar programmer, biasanya kata kunci yang sering terdengar adalah coding, gaji besar, dan keren. Jika tertarik menjadi programmer, simak artikel berikut untuk mengetahui hal-hal yang wajib dikuasai programmer.

Apa itu Programmer?

Programmer adalah profesi yang membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Dan seseorang yang menulis kode program (syntax) untuk menciptakan perangkat lunak juga bisa disebut sebagai programmer. Kode yang dimaksud di antaranya Java, Python, Javascript, PHP, dan lainnya.

Secara umum, programmer terlibat dalam perancangan dan pemodelan sistem, penulisan kode program (HTML, CSS, Javascript dll), pengujian, debugging, shooting, dan pemeliharaan kode. Kode ditulis dalam bahasa pemrograman agar mudah dipahami oleh komputer.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Operating System Not Found, Ini Penyebabnya!

Jenis-jenis Programmer

Meski identik dengan program komputer, tapi profesi ini banyak jenisnya. Jika Anda ingin menjadi seorang programmer, fokuslah pada satu jalur yang Anda minati. Berikut adalah jalur programmer yang bisa dipilih:

1. Programmer Web

Programmer ini banyak dicari oleh perusahaan karena hampir semua perusahaan sudah memiliki website. Tugas utama programmer web adalah fokus mengembangkan website toko online, layanan service, sosmed. Programmer web juga harus bisa mengoperasikan database pada sebuah website.

2. Programmer Software / Aplikasi

Programmer software biasanya membuat aplikasi pada komputer maupun smartphone. Semua aplikasi yang terinstal di komputer maupun smartphone Anda adalah hasil pekerjaan programmer ini. Semakin berkembangnya teknologi smartphone, semakin banyak dicari pula talent-nya. Prospek profesi ini cukup menjanjikan jika Anda ingin menekuni menjadi programmer Android.

3. Programmer Embedded System

Programmer jenis ini pekerjaannya adalah menulis source code system untuk mengontrol peralatan rumah / elektronik. Sistem sudah tertanam dalam benda yang Anda miliki.

Skill yang Dibutuhkan Programmer

Skill atau kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang programmer adalah

1. Menguasai Bahasa Inggris

Hampir semua bahasa program dirancang menggunakan bahasa Inggris. Semua instruksi dasar wajib dikuasai oleh programmer. Selain itu, kemampuan bahasa Inggris juga pasti terpakai karena termasuk bahasa internasional.

2. Bisa Membaca Kode

Anda harus bisa membaca dan memahami proyek open source. Cobalah pahami cara kerjanya dan temukan polanya. Dari sana, pasti ada ide yang bisa diterapkan dalam proyek Anda.

3. Menguasai Sistem Operasi dan Aplikasi Lain

Sistem operasi berguna untuk menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai.

4. Menguasai Algoritma

Dengan mengerti algoritma, Anda bisa memecahkan suatu masalah karena algoritma adalah kunci utama seorang programmer. Programmer harus memikirkan cara atau metode untuk memproses sistem, di situlah algoritma berguna.

5. Menguasai Bahasa Pemrograman

Karena perkembangan zaman, ada baiknya Anda mengerti lebih dari satu bahasa pemrograman. Namun, jika ingin menjadi spesialis dalam satu bahasa juga tak masalah. Mempelajari banyak bahasa akan membuat Anda mampu bekerja pada banyak bahasa dan paham perbedaan dari setiap bahasa pemrograman.

6. Kerja Sama Tim

Anda harus memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim agar mampu menyelesaikan setiap instruksi dengan baik.

7. Problem Solving

Programmer harus mampu menyelesaikan setiap masalah, entah masalah instruksi yang tak bisa dijalankan atau masalah lainnya yang berkaitan dengan set instruksi lainnya. Selain itu, programmer juga harus sabar karena bisa saja Anda diharuskan menulis ulang kode yang telah dibuat.

Itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Namun, sebenarnya masih banyak yang harus dipelajari.

Jika perusahaan Anda membutuhkan laptop untuk mendukung kerja seorang programmer, Asani menyediakan sewa laptop untuk programmer atau developer. Spesifikasi laptop yang disediakan sudah dijamin sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Lihat  katalog Asani  lengkap untuk kebutuhan  design graphic, editing video,  develop  website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Mudah!

Post comment

Product Enquiry