Pekerjaan Software Engineer

Kartika Rachmania, Selasa, 14 Desember 2021

Software engineer bertugas untuk mengembangkan, memodifikasi serta mengidentifikasi masalah pada software. Profesi ini akan terus dibutuhkan karena industri teknologi cepat berkembang. Minat pada posisi ini pun terus meningkat setiap tahun.

Cara Menjadi Software Engineer

Untuk belajar menjadi software engineer dapat ditempuh melalui sekolah formal atau non formal. Melalui jalur formal bisa dilakukan dengan memilih jurusan yang sesuai yaitu Ilmu Komputer. Sedangkan non formal dapat ditempuh melalui pelatihan intensif semacam bootcamp. Tidak perlu khawatir, pelatihan intensif juga bisa menghasilkan seorang software engineer profesional. 

Tanggung Jawab Software Engineer

Posisi ini bertanggungjawab untuk merencanakan, mengawasi, dan memelihara software yang digunakan di suatu perusahaan. Perancangan software yang dilakukan oleh seorang software engineer harus sesuai kebutuhan perusahaan. 

Pengalaman sebagai software engineer bisa menentukan tanggung jawab serta karir ke depannya. Perbanyak pengalaman hingga karir bisa meningkat pesat. 

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Software Engineer

Berikut adalah skill yang harus dimiliki oleh seorang software engineer:

  • Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah skill paling dasar yang harus dimiliki seorang software engineer. Bahasa pemrograman di antaranya adalah Java, Phyton, C. Anda harus selalu update dengan bahasa pemrograman.

  • Computer programming atau coding

Selain memahami bahasa pemrograman, Anda juga harus mengerti coding (computer programming) yang fokusnya pada algoritma.

  • Software testing dan software debugging

Setelah bisa melakukan proses coding, software engineer juga harus mampu melakukan testing dan melihat error yang terjadi pada aplikasi atau website yang dibuat.

  • Pemahaman database

Seorang software engineer harus memiliki pemahaman mengenai database. Pengetahuan membuat, menyimpan, menghapus, memperbarui database sangat dibutuhkan jika Anda berkarir di dunia software engineer. 

  • Mampu membaca kode ciptaan orang lain

Seorang software engineer tidak boleh berhenti belajar dan berlatih agar bisa terus berkembang. Anda juga harus belajar membaca kode yang diciptakan orang lain agar bisa memahami bagaimana program dapat bekerja.

Cara Mendapat Pekerjaan sebagai Software Engineer

Cara mendapat pekerjaan sebagai software engineer sama seperti mencari pekerjaan lainnya. Anda bisa mulai mencari pekerjaan melalui job portal, komunitas software engineer, forum alumni, atau magang. 


Another Post