Pengertian dan Manfaat Network Attached Storage

Kartika Rachmania, Jumat, 23 September 2022

Data merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan. Tanpa akses data, perusahaan tidak akan bisa memberikan layanan yang diinginkan pelanggan. Contoh masalah yang terjadi jika informasi pelanggan tidak tersedia adalah layanan yang buruk, kerugian penjualan, dan masalah kolaborasi tim yang buruk. Salah satu tempat penyimpanan data yang cocok untuk perusahaan adalah Network Attached Storage.


Apa itu Network Attached Storage?

Network Attached Storage (NAS) adalah perangkat penyimpanan data yang terhubung dan bisa diakses melalui jaringan (tidak langsung terhubung ke komputer). 

Perangkat NAS berisi prosesor dan sistem operasi sehingga memungkinakan aplikasi dapat berjalan dan memudahkan kita untuk berbagi file. NAS menangani data tidak terstruktur, seperti audio, video, situs web, file teks, dan dokumen Microsoft Office.

Perangkat NAS dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang, banyak komputer, perangkat seluler, atau bahkan dari jarak jauh (remote) jika diatur dengan benar.


Pengguna jaringan area lokal (LAN) bisa mengakses penyimpanan bersama melalui koneksi Ethernet standar. Perangkat NAS tidak memiliki keyboard atau layar, dan biasanya dikonfigurasi serta dikelola dengan utilitas berbasis browser. Setiap NAS berada di LAN sebagai node jaringan independen yang ditentukan oleh alamat Internet Protocol (IP) uniknya sendiri.


Manfaat Menggunakan Network Attached Storage


NAS memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dan berbagi data secara lebih efektif. NAS juga sangat berguna untuk membagi tim yang perlu akses jarak jauh atau bekerja di zona waktu yang berbeda. NAS yang terhubung ke router nirkabel, memudahkan pekerja untuk mengakses file dari desktop atau perangkat seluler apa pun dengan koneksi jaringan. 


Beberapa produk NAS dirancang untuk digunakan di perusahaan besar. Sementara lainnya ditujukan untuk rumah atau usaha kecil. Sistem NAS di kalangan perusahaan dan bisnis kecil di banyak industri dapat digunakan untuk mendukung sistem email, database akuntansi, penggajian, perekaman dan pengeditan video, pencatatan data, analisis bisnis, dan lainnya


Beberapa manfaat NAS bagi perusahaan antara lain:


  1. Mudah untuk mengoperasikannya dan tidak memerlukan profesional IT khusus untuk mengelolanya
  2. Biaya yang dikeluarkan lebih rendah sehingga dapat secara signifikan mengurangi ruang yang terbuang melalui teknologi penyimpanan lain
  3. Mudah untuk mencadangkan dan memulihkan data karena ada fitur keamanan 
  4. Sentralisasi penyimpanan data dengan aman dan andal
  5. Mendukung berbagai macam aplikasi
  6. Mengizinkan akses data di seluruh jaringan, termasuk aplikasi dan data berbasis cloud


Cara kerja NAS yang memudahkan semua karyawan untuk berkolaborasi ini sangat cocok untuk perusahaan besar maupun kecil. Jadi, siapa pun bisa mengakses data dari jarak jauh menggunakan sambungan jaringan. 


Setiap perusahaan, biasanya memiliki kebijakan tertentu untuk menyediakan perangkat penunjang pekerjaan. Asani menyediakan perangkat IT terbaik yang termasuk dengan jasa perbaikan dan konsultasi oleh IT Expert, dashboard Asset Management, serta asuransi perangkat. Asani menyediakan berbagai merek laptop dan device Attached Network Storage dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika Anda menyewa di Asani, maka Anda akan mendapatkan semua kemudahan yang memberikan berbagai keuntungan untuk perusahaan. Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.



Sumber:

https://www.snia.org/education/what-is-nas

https://iosafe.com/data-protection-topics/what-is-a-nas-device/

Another Post