Pengertian Keamanan Jaringan

Kartika Rachmania, Jumat, 23 Desember 2022

Banyak pengguna yang masih menyepelekan masalah sistem keamanan jaringan. Beberapa bahkan tidak aware bahwa kejahatan dunia maya selalu meningkat setiap tahun dan metode yang digunakan pun makin berkembang. Jika tidak diabaikan, perusahaan mungkin akan kehilangan data dan informasi penting pada saat terjadi serangan di jaringan atau perangkat. Kejahatan siber tersebut sangat merugikan bagi semua pihak. Maka dari itu, Anda harus memikirkan tentang keamanan jaringan di perusahaan. 


Apa itu keamanan jaringan?

Keamanan jaringan mencakup semua langkah yang diambil untuk melindungi jaringan komputer dan data di dalamnya. Keamanan jaringan penting untuk menjaga data sensitif tetap aman dari serangan dunia maya. Keamanan jaringan juga tidak hanya melindungi data, tapi juga melindungi pengguna serta organisasi. 


Jaringan terdiri dari perangkat yang saling terhubung seperti komputer, server, dan jaringan nirkabel. Perangkat-perangkat ini sangat rentan terhadap serangan. Keamanan jaringan yang bisa digunakan seperti penggunaan software dan hardware pada jaringan atau software sebagai sebuah layanan (SaaS).


Keamanan jaringan menjadi hal yang penting karena tiap perusahaan mengandalkan jaringan dan data untuk menjalankan bisnis. Jadi, metode keamanan yang digunakan pun harus selalu di-upgrade agar aman dari ancaman serangan siber yang makin canggih. 


Mengapa keamanan jaringan penting?

Keamanan jaringan sangat penting untuk mencegah penjahat dunia maya mendapatkan akses ke data berharga dan informasi sensitif. Ketika hacker mendapatkan data tersebut, mereka dapat mencuri identitas dan melakukan hal buruh lain termasuk merusak reputasi perusahaan. 


Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus melindungi jaringan dan data perusahaan:

  • Mengganggu operasional

Perusahaan tanpa keamanan jaringan yang memadai berisiko mengganggu operasional. Semua bisnis sangat mengandalkan jaringan untuk komunikasi internal dan eksternal. Jadi, ketika perangkat tidak bisa beroperasi karena terjangkit virus, maka operasional pun dapat terganggu. 

  • Melanggar hukum

Perusahaan yang menyimpan banyak data berharga dan sensitif harus menjaga keamanannya dengan baik. Jika tidak dijaga, perusahaan bisa dianggap melakukan pelanggaran peraturan hukum karena membuat data pengguna berisiko untuk dicuri lalu disalahgunakan. 

Pemerintah mewajibkan bisnis untuk mematuhi peraturan keamanan data yang mencakup aspek keamanan jaringan. Pelanggaran terhadap peraturan ini dapat menyebabkan denda, larangan, dan kemungkinan hukuman penjara.

  • Kehilangan kekayaan intelektual

Penjahat siber yang berhasil meretas jaringan di perusahaan bisa mencuri kekayaan intelektual seperti ide, penemuan, teknologi, dan produk. Hal ini sangat merugikan bagi pebisnis karena dapat menyebabkan hilangnya bisnis. Pada akhirnya, perusahaan harus mengulang proses penemuan atau ide produk yang sebelumnya dicuri. Ini akan memakan waktu dan biaya lagi. 



Keamanan jaringan ini merupakan tanggung jawab semua pengguna jaringan. Hendaknya setiap perusahaan juga fokus untuk menjalankan strategi keamanan jaringan agar semua data dan jaringan tetap terlindungi. 

Asani dapat membantu Anda memilih endpoint security yang tepat untuk perusahaan.  Asani bekerja sama dengan Webroot dan Bitdefender untuk memberikan layanan perlindungan Endpoint yang bermanfaat bagi perusahaan. Segera hubungi Asani untuk konsultasi lebih lanjut mengenai layanan proteksi endpoint yang cocok untuk bisnis Anda.

 


Another Post