Penyebab Apple Ganti Prosesor Chip M1

Kartika Rachmania, Senin, 10 Mei 2021

Apple sudah mengenalkan produk Mac pertama dengan prosesor chip Apple M1 yaitu Mac mini, Macbook Air, dan Macbook Pro. Namun, apa alasan Apple beralih dari prosesor Intel ke Apple M1? Simak alasan kenapa Apple beralih ke prosesor chip Apple M1 :

a. Performa Tinggi dan Hemat Daya

Performa CPU dalam M1 diklaim paling tinggi dan menggunakan sedikit daya. Dua tipe core pada M1 adalah performa tinggi dan efisiensi tinggi. Alhasil, multitasking tidak menguras daya baterai. Performa chip M1 lebih tinggi daripada chip laptop terkini. 

b. Hemat Baterai

Dengan kombinasi manajemen daya canggih pada macOS dan chip M1, tugas core performa dan core efisiensi bisa dialokasikan dengan pintar sehingga perangkat bisa bertahan hingga 18-20 jam. Ini jauh lebih lama daripada perangkat dengan chip Intel.

c. Memori terintegrasi

M1 dilengkapi arsitektur memori terpadu atau UMA yang menggabungkan memori bandwidth tinggi dan latensi rendah dalam kemasan khusus. Hasilnya, semua teknologi dalam SoC dapat mengakses data yang sama tanpa perlu menyalin antara beberapa memori sehingga performa dan efisiensi data meningkat drastis.

d. GPU terintegrasi

GPU dalam M1 memberikan peningkatan grafis sekaligus konsumsi daya rendah. GPU ini adalah grafis terintegrasi tercepat di dunia dalam laptop. Untuk bermain games dan rendering gambar 3D pun hasilnya bisa secepat kilat.

e. Kontrol penuh dari Apple

Prosesor Intel bukan buatan Apple sehingga jika terjadi sesuatu, Apple tidak punya kontrol apa pun dan hanya menunggu pembuat prosesor memperbaikinya. Dengan membuat prosesor sendiri, Apple bisa terus berinovasi dan merilis produk sendiri tanpa menunggu pihak ketiga. 

Dengan peralihan Intel ke M1, komputer buatan Apple akan menjadi unik dan benar-benar menjadi Mac. Produk terbaru Apple bisa menjadi produk unggulan dari pendahulunya. 

Jika Anda ingin menggunakan laptop Apple terbaru untuk kantor, Asani bisa bantu menyediakan dengan sistem sewa. Segera hubungi Asani untuk berkonsultasi.


Another Post