60

Suara laptop yang berisik atau bising biasanya berasal dari kipas / fan laptop. Suara bising itu timbul ketika kipas sudah tidak bekerja optimal. Salah satu penyebab suara berisik itu adalah kotoran atau debu yang menumpuk pada kipas. Simak artikel ini untuk mengetahui penyebab kipas laptop berisik serta cara mengatasinya.

Penyebab Kipas Laptop Berisik

1.  Kipas Kotor

Debu atau kotoran yang menumpuk pada kipas laptop bisa menyebabkan kerusakan jika tidak rajin dibersihkan. Kerja kipas jadi terhambat sehingga menyebabkan suhu prosesor semakin naik dan membuat kipas bekerja keras. Jika terus begitu, bukan hanya kipas laptop saja yang rusak, tapi laptop Anda juga bisa rusak.

Solusi: Bersihkan kipas secara rutin dari debu menggunakan kuas halus. Jika Anda tidak bisa membersihkan sendiri, bawa saja ke service center jika garansinya masih berlaku.

2.  Terlalu banyak membuka aplikasi

Ketika sedang bekerja atau bermain games, mungkin Anda akan mendengar suara berisik yang menganggu dari dalam laptop. Hal itu terjadi karena beban prosesor terlalu berat saat bekerja di luar kapasitasnya. Akibatnya, suhu prosesor menjadi naik dan laptop menjadi panas lalu kerja kipas semakin kencang sehingga terdengar suara berisik.

Solusi: Jangan menjalankan banyak program atau aplikasi dalam satu waktu yang bisa menguras kerja prosesor hingga melebihi kapasitas.

3.  Kipas rusak

Jika laptop Anda usianya sudah tahunan, sangat memungkinkan jika suara berisik tersebut akibat komponen kipas rusak karena umur. Penyebab lainnya adalah salah memasang kipas pada saat upgrade laptop.

Solusi: Ganti kipas ke service center atau ke tempat service komputer terpercaya.

Selain kipas bawaan laptop, Anda juga bisa menambahkan kipas eksternal untuk membantu agar laptop tidak cepat panas. Segera cari tahu penyebab laptop berisik sehingga Anda bisa memperbaikinya. Jangan didiamkan semakin lama, sebab semakin berisik suara kipas, keselamatan laptop Anda juga makin terancam.

Jika laptop atau komputer di kantor mengalami kerusakan, Anda bisa menghubungi jasa service laptop Asani. Selain menyediakan jasa sewa laptop komputer, Asani juga menyediakan jasa perbaikan laptop komputer untuk perusahaan. Asani akan membantu semua masalah kerusakan laptop kantor.

Post comment

Product Enquiry