Perangkat Input Komputer dan Laptop

Kartika Rachmania, Senin, 16 Agustus 2021

Alat input berperan penting agar komputer maupun laptop mampu mengerjakan fungsinya. Misalnya, komputer dan laptop biasanya menggunakan mouse untuk memasukkan perintah sementara ponsel dan tablet menggunakan jari. Beberapa orang mungkin menggunakan trackpad atau stylus, tapi alat input utama yang paling banyak digunakan saat ini adalah jari dan mouse.

Perangkat Input Komputer dan Laptop

Perangkat input adalah perangkat masukan yang memberi perintah dari pengguna ke laptop atau komputer. Alat input komputer bisa diraba dan dilihat dan berfungsi mempermudah pengguna untuk memberikan perintah agar laptop bisa menjalankan fungsinya. Berikut adalah perangkat input:

1.Mouse

Mouse berguna sebagai penunjuk pointer atau kursor. Mouse memiliki dua tombol masukan kiri dan kanan dengan fungsi yang berbeda. Jika Anda mengeklik kiri, fungsinya setara dengan ok atau enter. Jika mengeklik kanan, maka akan ada pilihan perintah yang bisa dipilih. 

2.Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol dan lainnya. Ada berbagai jenis keyboard, tapi fungsinya tetap sama. Anda bisa mengetik laporan maupun memberikan perintah melalui shortcut keyboard.

3.TouchPad

TouchPad biasanya sudah terpasang permanen pada laptop. Layaknya mouse, touchpad juga berfungsi untuk penunjuk pointer atau kursor. Untuk menggunakan touchpad, Anda hanya perlu menggerakan jari di permukaan touchpad laptop. Untuk menjalankan perintah, Anda bisa mengeklik satu kali di sisi sebelah kiri dan klik kanan untuk mencari menu lain.

4.Trackball

Trackball biasanya terpasang pada mouse dan berada di tengah antara tombol kiri dan kanan. Trackball memudahkan Anda untuk menggeser atau memindahkan halaman secara vertikal.

5.Light Pen

Light pen adalah perangkat yang sering digunakan untuk menggambar maupun keperluan grafis lainnya. Light pen digunakan sebagai pengganti jari tangan yang bentuknya seperti pulpen dan mudah dibawa ke mana pun. Anda bisa menggambar maupun menulis dengan mudah menggunakan light pen. Namun, Anda harus menggunakan monitor khusus agar sinyal dari light pen bisa terima.

Itulah beberapa perangkat input pada komputer atau laptop yang banyak digunakan pengguna. Jika perusahaan Anda membutuhkan perangkat komputer atau laptop yang lengkap untuk karyawan, gunakan jasa sewa laptop Asani. Asani menyediakan berbagai tipe dan merek laptop untuk kebutuhan kantor Anda. 


Another Post