Perbedaan Chromebook dan Laptop Biasa

Kartika Rachmania, Jumat, 7 Oktober 2022

Chromebook adalah sebuah perangkat komputer yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan mudah dan cepat. Bentuk Chromebook memang seperti laptop biasa, tapi perbedaannya baru akan terasa ketika digunakan. Chromebook didukung dengan sistem operasi ChromeOS. Belakangan ini, Chromebook menjadi banyak perbincangan lantaran adanya Chromebook Pelajar. 


Perbedaan Chromebook dan Laptop Biasa

Berikut adalah perbedaan Chromebook dan Laptop Biasa yang 

  1. Sistem operasi

Chromebook menggunakan Chrome OS (OS berbasis web browser) yang mampu menjalankan aplikasi dari Google seperti Google Docs, Google Sheet, Google Mail, Drive, dan lainnya. Sedangkan laptop biasa menggunakan Windows, Linux, atau MacOS.

  1. Spesifikasi

Kebanyakan Chromebook menggunakan prosesor dual core, RAM 4GB, dan penyimpanan eMMC 32GB atau 64GB. Chromebook sangat bergantung pada ekosistem Google, jadi spesifikasinya tidak akan seganas laptop biasa karena aplikasi yang dijalankan juga tak terlalu berat.

  1. Beroperasi bergantung pada internet

Pada Chromebook, tidak ada internet tidak bisa digunakan, tapi beberapa aplikasi sudah bisa digunakan offline. 

  1. Keterbatasan aplikasi

Chromebook hanya bisa menjalankan aplikasi android dari Google Play. Selain dari Google Play, tidak bisa. Jadi, jika sehari-hari Anda menggunakan aplikasi di luar yang tersedia di Google Play maka hal itu akan menyulitkan Anda.

  1. Harga

Harga Chromebook relatif lebih murah daripada laptop biasa yaitu mulai dari Rp 4 jutaan.


Terlihat dari perbedaan di atas, jika kebutuhan Anda adalah menjalankan aplikasi di luar Google, sebaiknya pilihlah laptop berbasis sistem operasi Windows, MacOs, atau Linux. Meskipun ada software yang bisa dipasang di Chromebook versi Android, tetapi fungsinya tidak selengkap versi reguler.


Jika perusahaan membutuhkan laptop atau komputer untuk perangkat kerja, jangan lupakan Asani. Asani menyediakan sewa laptop berbagai merek dan spesifikasi jempolan. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Asani. 

Jasa Asani juga bisa dikatakan berbasis langganan lho karena dengan sewa laptop di Asani, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi dan konsultasi dengan IT Expert. Asani menyediakan berbagai merek laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jadi, jika Anda membutuhkan laptop terbaik dengan tambahan layanan konsultasi dengan IT Expert, segera hubungi Asani. Asani menyediakan laptop berbagai merek untuk kebutuhan pekerja kantoran. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post