Perbedaan Fungsi Domain

Kartika Rachmania, Senin, 31 Mei 2021

Ekstensi domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengakses sebuah website. Ada berbagai jenis ekstensi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan penggunanya. Berikut adalah nama dan perbedaan fungsi ekstensi domain id.

1.Co.id

Nama domain ini digunakan perusahaan yang memiliki identitas Indonesia. Domain co.id ini khusus untuk perusahaan dengan legalitas hukum. Jika ingin menggunakan domain co.id, Anda perlu menyiapkan KTP, NPWP, SIUP, atau izin usaha.

2.Sch.id

Nama domain ini digunakan untuk lembaga pendidikan dengan identitas Indonesia. Tidak hanya lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal yang disahkan SKPD bisa menggunakan nama domain ini. Mulai dari TK hingga SMA bisa menggunakan domain tersebut.

3.Ac.id

Nama domain ini digunakan oleh lembaga pendidikan tinggi seperti akademi, perguruan tinggi, dan universitas. Untuk mendaftar agar bisa menggunakan domain ini, diperlukan KTP, SK Pengangkatan Rektor, dan SK Depdiknas pendirian lembaga.

4.Net.id

Domain ini digunakan oleh perusahaan yang berkaitan dengan jaringan internet, telekomunikasi, komputer, dan IT. Jika ingin menggunakan domain ini, siapkan KTP dan surat izin usaha telekomunikasi.

5.Or.id

Domain or.id digunakan oleh website organisasi Indonesia. Siapkan KTP, akta notaris, dan SK organisasi untuk mendaftar domain ini. Organisasi yang bisa mendaftar di antaranya adalah parpol, LSM, ormas, dan lainnya.

6.Web.id

Domain ini bisa digunakan oleh personal ataupun institusi. Jika ingin menggunakan domain ini, Anda hanya perlu menyiapkan KTP.

 

Itulah perbedaan fungsi domain id untuk sebuah website. 


Another Post