Perbedaan Intel VS AMD

Kartika Rachmania, Selasa, 11 Mei 2021

Ketika memilih laptop terbaik, tidak jarang prosesor menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan sebelum membeli. Prosesor memiliki fungsi yang penting bagi seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari processor. Prosesor yang paling banyak digunakan di pasaran saat ini adalah Intel dan AMD. Tahukan Anda apa perbedaan Intel vs AMD?

Intel vs AMD

Processor Intel adalah prosesor paling populer dan banyak digunakan pada laptop atau komputer. Intel dikembangkan oleh Intel Corporation yang berdiri sejak 1968. Intel memang diproduksi lebih dulu daripada AMD. Barulah 20 tahun kemudian, AMD menciptakan prosesor pertamanya. Processor AMD adalah saingan terbesar prosesor Intel, tapi lebih disukai oleh gamers karena AMD dilengkapi dengan VGA ATi Radeon.

Perbedaan Intel dan AMD

Laptop dengan prosesor AMD harganya lebih murah daripada laptop dengan prosesor Intel. Dua prosesor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Simak tabel berikut untuk melihat perbedaannya: 

Dari hasil tes benchmark, untuk kecepatan, prosesor Intel lebih unggul dibandingkan AMD. Kelebihan prosesor Intel di antaranya adalah lebih tahan panas, ada turbo boost yang dapat mempercepat proses kerja pada komputer. Jadi, jika Anda ingin laptop yang lebih cepat membuka program tanpa menunggu lama, maka pilihlah Intel.  

Untuk grafis game, AMD lebih unggul daripada Intel karena kinerja AMD tetap bertahan di posisi yang sama meski suhu laptop meningkat jadi Anda tidak akan terganggu saat main games. Jika Anda seorang gamer, mungkin Anda bisa memilih AMD.

Itulah perbedaan Intel dan AMD pada laptop. Keduanya memang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Meskipun begitu, sebelum membeli usahakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Another Post