180

entMengetahui perbedaan MacBook Pro dan Air akan memudahkan Anda saat ingin membeli laptop Apple, karena MacBook adalah salah satu produk Apple yang banyak diminati karena menawarkan fitur unggulan yang canggih.

Kedua seri laptop MacBook tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menentukan MacBook yang sesuai dengan kebutuhan Anda, simak perbedaan Macbook Pro dan Air berikut ini.

Perbedaan MacBook Pro dan Air

Memilih MacBook Pro atau Air ini tergantung kebutuhan dan dana yang Anda miliki, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah perbedaan MacBook Pro dan Air:

1. Target Pasar

Perbedaan MacBook Pro dan Air yang paling umum adalah target pasar. MacBook Pro ditujukan untuk profesional seperti content creator, desainer, atau editor video yang membutuhkan performa tangguh sehingga laptop kuat untuk menjalankan pekerjaan berat. Sedangkan MacBook Air ditujukan untuk pengguna seperti pelajar maupun pekerja kantoran yang jarang menggunakan aplikasi pekerjaan berat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop 12 Inch Terbaik dan Murah 2023, Catat!

2. Desain

Dari segi desain, perbedaan MacBook Pro dan Air memang tak terlalu terlihat perbedaannya karena sama-sama terbuat dari alumunium dengan permukaan matte. Kedua laptop ini tipis, elegan, dan terkesan premium.

3. Ukuran dan Kualitas Layar

MacBoook Pro dan MacBook Air ini sama-sama portable. Ukuran MacBook Pro tersedia mulai dari 13 †16 dan bobotnya lebih berat daripada MacBook Air yang berukuran 13. Untuk kualitas layar, MacBook Pro memiliki layar Retina Display 13.3 (resolusi 2560 x 1600 px) atau 16 (resolusi 3072 x 1920 px). Sedangkan MacBook Air 13.3 dengan layar Retina dilengkapi dengan LED-backlit glossy widescreen yang mendukung resolusi 2500 x 1600 px. Kedua MacBook juga menggunakan fitur True Tone, tapi yang membedakannya adalah tingkat kecerahan dan range warna. MacBook Pro lebih unggul daripada MacBook Air.

4. Kapasitas Penyimpanan

MacBook Pro dan Air keduanya dilengkapi dengan RAM dan kapasitas SSD yang besar. MacBook Air terbaru, memiliki kapasitas RAM hingga 16GB, sedangkan MacBook Pro, kapasitas RAM nya mencapai 32GB. Sementara itu, MacBook Pro memiliki penyimpanan SSD lebih luas hingga 8TB untuk versi 16 inci, sedangkan MacBook Air terbaru hingga 2TB saja.

5. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai MacBook Pro mencapai 10 jam apabilan digunakan untuk memutar video dan mengakses internet secara bersamaan. Sedangkan MacBook Air bisa tahan hingga 12-13 jam untuk kegiatan mengakses internet dan memutar video saja.

6. Performa

MacBook Pro dan MacBook Air terbaru sudah menggunakan Chip Apple M1. Namun, MacBook Pro juga masih ada yang menggunakan prosesor Intel Core i5, Intel Core i7, dan Intel Core i9. Sementara itu, MacBook Air juga tersedia dengan prosesor Intel Core i3 hingga Intel Core i7.

7.  Konektivitas

MacBook Pro dibekali 2-4 port ThunderBolt (tergantung seri), sedangkan MacBook Air hanya 2 port ThunderBolt. Port universal ini bisa mengintegrasikan pengisian daya, transfer data, output video dalam satu port. Selain itu, baik MacBook Air dan MacBook Pro juga dilengkapi Bluetooth, WiFi, dan 3,5mm jack audio.

8. Harga

MacBook Pro harganya mulai Rp 17 jutaan hingga Rp 30 jutaan, sedangkan MacBook Air harganya mulai dari 12.5 jutaan. Harga yang diberikan tentu saja sesuai dengan fitur yang ditawarkan oleh Apple.

Rekomendasi MacBook

Apabila Anda seorang profesional, maka MacBook Pro menjadi pilihan tepat. Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan laptop dengan kinerja cepat. Namun, jika Anda hanya karyawan biasa yang tak terlalu membutuhkan kinerja cepat, pilihlah MacBook Air.

Untuk perusahaan yang membutuhkan MacBook Pro untuk menunjang pekerjaan karyawan, ASANI menyediakan jasa sewa MacBook Pro Jakarta dan sekitarnya untuk perusahaan dengan pilihan sewa bulanan atau tahunan. Menyewa MacBook Pro untuk perusahaan lebih hemat jika tak memiliki dana banyak untuk membeli. Unit yang disediakan di ASANI di antaranya MacBook Pro 2019 13 inch.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer.

Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: 15 Daftar Aplikasi yang Harus Ada di Laptop, Segera Instal!

Post comment

Product Enquiry