Perbedaan MacBook Pro dan MacBook Air

Kartika Rachmania, Selasa, 16 Februari 2021

MacBook adalah salah satu produk Apple yang banyak diminati karena menawarkan fitur unggulan yang canggih. Sebelum memutuskan membeli laptop Apple, Anda pasti menghadapi kebingungan untuk memilih MacBook Pro atau MacBook Air. Kedua seri MacBook itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menentukan MacBook yang terbaik untuk bekerja, simak perbedaan Macbook Pro dan Air berikut ini.

Perbedaan MacBook Pro dan Air

Memilih MacBook Pro atau Air ini tergantung kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Berikut adalah perbedaan MacBook Pro dan Air:

1. Target Pasar

MacBook Pro ditujukan untuk profesional seperti content creator, desainer, atau editor video yang membutuhkan performa tangguh sehingga laptop kuat untuk menjalankan pekerjaan berat. Sedangkan MacBook Air ditujukan untuk pengguna seperti pelajar maupun pekerja kantoran yang jarang menggunakan aplikasi pekerjaan berat.

2. Desain

Sekilas, desain MacBook Pro dan MacBook Pro memang tak terlalu terlihat perbedaannya karena sama-sama terbuat dari alumunium dengan permukaan matte. Kedua laptop ini tipis, elegan, dan terkesan premium.

3. Ukuran dan Kualitas Layar

MacBoook Pro dan MacBook Air ini sama-sama portable. Ukuran MacBook Pro tersedia mulai dari 13” – 16” dan bobotnya lebih berat daripada MacBook Air yang berukuran 13”. Untuk kualitas layar, MacBook Pro memiliki layar Retina Display 13.3 “ (resolusi 2560 x 1600 px) atau 16” (resolusi 3072 x 1920 px). Sedangkan MacBook Air 13.3” dengan layar Retina dilengkapi dengan LED-backlit glossy widescreen yang mendukung resolusi 2500 x 1600 px. Kedua MacBook juga menggunakan fitur True Tone, tapi yang membedakannya adalah tingkat kecerahan dan range warna. MacBook Pro lebih unggul daripada MacBook Air.

4. Kapasitas Penyimpanan

MacBook Pro dan MacBook Air memiliki RAM dan kapasitas SSD yang besar. MacBook Air terbaru memiliki kapasitas RAM hingga 16GB, sedangkan MacBook Pro hingga 32GB. MacBook Pro memiliki penyimpanan SSD lebih luas hingga 8TB untuk versi 16 inci, sedangkan MacBook Air terbaru hingga 2TB saja.

5. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai MacBook Pro mencapai 10 jam apabilan digunakan untuk memutar video dan mengakses internet secara bersamaan. Sedangkan MacBook Air bisa tahan hingga 12-13 jam untuk kegiatan mengakses internet dan memutar video saja.

6. Performa

MacBook Pro dan MacBook Air terbaru sudah menggunakan Chip Apple M1. Namun, MacBook Pro juga masih ada yang menggunakan prosesor Intel Core i5, Intel Core i7, dan Intel Core i9. Sementara itu, MacBook Air juga tersedia dengan prosesor Intel Core i3 hingga Intel Core i7.

7.  Konektivitas

MacBook Pro dibekali 2-4 port ThunderBolt (tergantung seri), sedangkan MacBook Air hanya 2 port ThunderBolt. Port universal ini bisa mengintegrasikan pengisian daya, transfer data, output video dalam satu port. Selain itu, baik MacBook Air dan MacBook Pro juga dilengkapi Bluetooth, WiFi, dan 3,5mm jack audio.

8. Harga

MacBook Pro harganya mulai Rp 17 jutaan hingga Rp 30 jutaan, sedangkan MacBook Air harganya mulai dari 12.5 jutaan. Harga yang diberikan tentu saja sesuai dengan fitur yang ditawarkan oleh Apple.

Rekomendasi

Apabila Anda seorang profesional, maka MacBook Pro menjadi pilihan tepat. Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan laptop dengan kinerja cepat. Namun, jika Anda hanya karyawan biasa yang tak terlalu membutuhkan kinerja cepat, pilihlah MacBook Air.

Untuk perusahaan yang membutuhkan MacBook Pro untuk menunjang pekerjaan karyawan, ASANI menyediakan jasa sewa MacBook Pro Jakarta dan sekitarnya untuk perusahaan dengan pilihan sewa bulanan atau tahunan. Menyewa MacBook Pro untuk perusahaan lebih hemat jika tak memiliki dana banyak untuk membeli. Unit yang disediakan di ASANI di antaranya MacBook Pro 2019 13 inch . Segera hubungi ASANI untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Another Post