Perbedaan Sibuk Bekerja dengan Kerja Produktif

Kartika Rachmania, Senin, 19 April 2021

Tahukan Anda bahwa sibuk kerja itu beda dengan produktif? Menghabiskan waktu dengan kegiatan yang sama menyelesaikan pekerjaan dilakukan sebagai tanggung jawab terhadap pekerjaan adalah bagian dari sibuk kerja. Tidak memiliki waktu luang untuk hal lain juga termasuk sibuk kerja, bukan produktif. Jadi, jika bicara mengenai sibuk kerja, maka yang dimaksud adalah bicara tentang kerja keras menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dan jika bicara tentang produktif adalah bagaimana bekerja lebih pintar untuk menyelesaikan pekerjaan.

Perbedaan Sibuk Kerja dan Kerja Produktif

Perbedaan sibuk kerja dan kerja produktif bisa disimak pada penjelasan berikut:

1. Prioritas Kerja

Orang yang sibuk bekerja biasanya akan memprioritaskan banyak hal. Namun, orang yang produktif tidak begitu. Orang produktif akan mengerjakan pekerjaan yang penting dan mendesak. Biasanya, orang produktif memiliki skala prioritas dan bisa menilai mana pekerjaan yang memang penting dan harus didahulukan.

2.  Sikap

Orang yang produktif memiliki prioritas dalam menjalankan pekerjaan dan berani mengatakan tidak untuk pekerjaan yang tidak sesuai. Sementara itu, orang yang sibuk kerja biasanya mengatakan iya untuk banyak pekerjaan sehingga apa saja bisa dikerjakan. Orang sibuk kerja juga cenderung untuk bertindak duluan daripada berpikir, dan orang produktif akan kebalikannya.

Bisa dengan tegas mengambil keputusan kapan berkata iya pada pekerjaan yang menjadi prioritas dan tidak pada pekerjaan yang bukan prioritas adalah tipe orang produktif. 

3. Bisa Mengatur Jadwal

Orang yang produktif biasanya memperhatikan waktu untuk selalu menjaga produktivitas. Orang produktif bisa membatasi diri kapan harus bekerja, istirahat, atau melakukan hal lain. Bahkan, biasanya orang produktif membuat jadwal supaya hidupnya teratur. Sementara itu, orang yang sibuk kerja biasanya memiliki waktu yang blur hingga kadang melupakan kapan waktunya istirahat.

4. Membagi fokus

Orang yang sibuk kerja biasanya hanya memerhatikan apa yang mereka kerjakan. Lain halnya dengan orang produktif yang memerhatikan tujuan dalam melakukan pekerjaan. Makanya, orang yang produktif suka memilih dan menilai pekerjaan yang sesuai dengan tujuan utama.

5. Perbedaan tujuan hidup orang produktif dan orang yang sibuk kerja

Orang sibuk kerja biasanya memiliki tujuan menyelesaikan pekerjaan karena tanggung jawab yang dimiliki. Sementara orang produktif memiliki tujuan hidup yang jelas dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Kira-kira, Anda termasuk yang mana? Apakah Anda termasuk orang yang sibuk bekerja atau orang yang produktif?

Jangan lupa, untuk urusan sewa laptop, percayakan pada Asani. Selain sewa laptop, Asani juga menyediakan jasa service laptop untuk perusahaan dan Asset Recycling. 

Another Post