Perbedaan Spreadsheet dan Excel Worksheet

Kartika Rachmania, Rabu, 16 Maret 2022

Cara untuk menyimpan dan mengolah data di komputer adalah menggunakan aplikasi. Untuk pengolah angka, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Spreadsheet dan Workbook. Meski keduanya hampir memiliki fungsi yang sama, ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui. 

Spreadsheet

Spreadsheet adalah lembar kerja yang disediakan Google Workspace. Spreadsheet dikenal sebagai program interaktif untuk mengelola data dan menyimpan dalam format yang tepat. Data dimasukkan oleh orang yang menggunakan aplikasi dan disimpan dalam bentuk tabel. Spreadsheet memiliki format elektronik dari kertas biasa. Sel yang ditampilkan di layar memiliki nama format baris dan kolom yang berbeda (yang pertama abjad, yang kedua angka), jadi pengucapannya akan lebih mudah. 

Di Spreadsheet, Anda juga membuat rumus dan menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Semua hasilnya akan langsung dikalkulasi setelah Anda memasukkan data ke tabel. Setiap pengguna juga dapat menyesuaikan rumus sesuai kebutuhan. Selain melakukan perhitungan seperti penambahan, pengurangan, dan lainnya, di Spreadsheet juga menyertakan fungsi bawaan untuk operasi keuangan dan statistik yang paling umum. Fitur ini memungkan perusahaan untuk mengelola data mereka dengan cara yang sederhana tanpa harus menggunakan ratusan halaman.

Worksheet

Worksheet adalah lembar kerja yang disediakan Microsoft. Worksheet terdiri dari beberapa baris dan kolom yang tersebar di dalam halaman dan membuat ruang yang membantu orang memasukkan data. Worksheet dimulai dengan baris nomor satu dan kolom A. Cara lain untuk mendefinisikannya yaitu Worksheet adalah entitas tunggal yang ada di dalam Workbook. Beberapa kumpulan worksheet dapat membuat workbook yang bisa membantu sistem lebih baik.

Dalam satu worksheet Anda bisa mendapatkan sekitar 1jt baris dan 1,6 juta kolom. Dan hal lain yang menarik lainnya adalah Anda dapat memiliki beberapa worksheet dalam satu workbook. 

Perbedaan Spreadsheet dan Worksheet Excel

Berikut adalah perbedaan Spreadsheet dan Worksheet:

  • Spreadsheet adalah layanan Google, Worksheet adalah layanan Microsoft
  • Spreadsheet dapat berupa satu worksheet atau beberapa worksheet, tetapi worksheet selalu tunggal. Spreadsheet lebih terlihat seperti satu dokumen atau workbook. 
  • Kolaborasi langsung bisa dilakukan di spreadsheet, sedangkan workbook berbagi menggunakan Excel web atau workbook bersama
  • Penyimpanan otomatis spreadsheet ke Google Drive, sedangkan Worksheet ke OneDrive atau SharePoint
  • Penambahan formula pada Spreadsheet menggunakan saran yang muncul saat memasukkan teks. Sedangkan pada worksheet dengan menggunakan autocomplete

 

Satu spreadsheet cukup bagi perusahaan untuk mengelola semua data dan workbook cukup untuk menyimpan semua informasi dalam departemen. Worksheet cukup untuk menyimpan proyek tertentu dan informasinya di satu tempat tergantung pada kebutuhan.

 

Itulah perbedaan spreadsheet dan Excel. Untuk mengamankan dokumen, ada cara untuk mengunci dokumen excel yang bisa Anda lakukan. Semua cara sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri. Untuk mengubah file PDF ke word, bisa dibaca pada artikel berikut


Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Another Post