50

Pengolahan dan penyimpanan data di komputer dapat dilakukan melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang umum digunakan untuk pengolahan angka adalah Spreadsheet dan Excel. Meski keduanya hampir memiliki fungsi yang sama, ada beberapa perbedaan antara spreadsheet dan excel yang harus Anda ketahui.

Simak pada ulasan dibawah ini untuk mengetahui apa saja perbedaan spreadsheet dan excel worksheet.

Pengertian Spreadsheet dan Excel Worksheet

Sebelum mengetahui perbedaan antara spreadsheet dan excel, ketahui terlebih dahulu apa pengertian dari masing-masing.

Spreadsheet

Spreadsheet adalah lembar kerja yang disediakan Google Workspace. Spreadsheet dikenal sebagai program interaktif untuk mengelola data dan menyimpan dalam format yang tepat. Data dimasukkan oleh orang yang menggunakan aplikasi dan disimpan dalam bentuk tabel. Spreadsheet memiliki format elektronik dari kertas biasa. Sel yang ditampilkan di layar memiliki nama format baris dan kolom yang berbeda (yang pertama abjad, yang kedua angka), jadi pengucapannya akan lebih mudah.

Di Spreadsheet, Anda juga membuat rumus dan menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Semua hasilnya akan langsung dikalkulasi setelah Anda memasukkan data ke tabel. Setiap pengguna juga dapat menyesuaikan rumus sesuai kebutuhan. Selain melakukan perhitungan seperti penambahan, pengurangan, dan lainnya, di Spreadsheet juga menyertakan fungsi bawaan untuk operasi keuangan dan statistik yang paling umum. Fitur ini memungkan perusahaan untuk mengelola data mereka dengan cara yang sederhana tanpa harus menggunakan ratusan halaman.

Baca juga: Simbol atau Operator Rumus Kriteria dalam Penggunaan Excel

Worksheet

Worksheet adalah lembar kerja yang disediakan Microsoft. Worksheet terdiri dari beberapa baris dan kolom yang tersebar di dalam halaman dan membuat ruang yang membantu orang memasukkan data. Worksheet dimulai dengan baris nomor satu dan kolom A. Cara lain untuk mendefinisikannya yaitu Worksheet adalah entitas tunggal yang ada di dalam Workbook. Beberapa kumpulan worksheet dapat membuat workbook yang bisa membantu sistem lebih baik.

Dalam satu worksheet Anda bisa mendapatkan sekitar 1jt baris dan 1,6 juta kolom. Dan hal lain yang menarik lainnya adalah Anda dapat memiliki beberapa worksheet dalam satu workbook.

Perbedaan Spreadsheet dan Excel

Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

  • Spreadsheet adalah layanan Google, Worksheet adalah layanan Microsoft
  • Spreadsheet dapat berupa satu worksheet atau beberapa worksheet, tetapi worksheet selalu tunggal. Spreadsheet lebih terlihat seperti satu dokumen atau workbook.
  • Kolaborasi langsung bisa dilakukan di spreadsheet, sedangkan workbook berbagi menggunakan Excel web atau workbook bersama
  • Penyimpanan otomatis spreadsheet ke Google Drive, sedangkan Worksheet ke OneDrive atau SharePoint
  • Penambahan formula pada Spreadsheet menggunakan saran yang muncul saat memasukkan teks. Sedangkan pada worksheet dengan menggunakan autocomplete

Satu spreadsheet cukup bagi perusahaan untuk mengelola semua data dan workbook cukup untuk menyimpan semua informasi dalam departemen. Worksheet cukup untuk menyimpan proyek tertentu dan informasinya di satu tempat tergantung pada kebutuhan.

Itulah perbedaan spreadsheet dan Excel. Untuk mengamankan dokumen, ada cara untuk mengunci dokumen excel yang bisa Anda lakukan. Semua cara sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop Offline dan Online

Tags:
Share

Post comment

Product Enquiry