Perbedaan Storage dan RAM

Kartika Rachmania, Selasa, 25 Oktober 2022

RAM (memori) dan Storage (penyimpanan) adalah komponen penting yang dibutuhkan di perangkat laptop atau PC selain prosesor. Kedua komponen itu dibutuhkan untuk menangani data atau menjalankan instruksi yang diterima CPU. Dua komponen yang dimaksud 'memori' & 'penyimpanan' adalah RAM & hard drive.


Apa itu RAM?

RAM (Random Access Memory) bekerja untuk menyimpan data jangka pendek termasuk informasi atau instruksi yang sedang dibaca atau ditulis oleh komputer sehingga dapat diakses dengan mudah oleh CPU. Saat menghidupkan laptop atau komputer, memori RAM lah yang digunakan. 

Ketika Anda mulai menjalankan program di laptop, RAM akan menyimpan semua informasi yang dibutuhkan oleh CPU secara real time dan akan menghilang ketika laptop dimatikan. Apa pun yang Anda lakukan, semua akan tersimpan di RAM. Jika laptop dalam keadaan mati, maka RAM pun kosong. 

Semakin banyak memori yang dimiliki komputer, semakin kompleks dan lebih banyak program yang bisa dijalankan bersamaan. 


Apa itu Storage?

Storage atau penyimpanan bisa merujuk pada perangkat elektronik penyimpanan data digital. Perangkat penyimpanan menggunakan media magnetik atau optik untuk menyimpan informasi dan data. Jenis utama perangkat memori penyimpanan termasuk hard drive (HDD), RAM, solid state drive (SSD), flash drive, dan penyimpanan cloud. 

Data yang tersimpan dan disimpan pada perangkat penyimpanan seperti hard drive tidak akan menghilang bahkan ketika laptop tidak digunakan atau dimatikan. 


Perbedaan Storage dan RAM


Sistem penyimpanan diklasifikasikan berdasarkan teknologi yang digunakan serta bagaimana data disimpan dan diakses. Berikut adalah perbedaan antara memori (RAM) dengan penyimpanan (storage):


Fungsi

RAM berperan sebagai perangkat penyimpanan memori jangka pendek yang digunakan CPU secara aktif sehingga dapat memproses informasi dengan segera. RAM adalah tempat program yang sedang berjalan dan sistem operasi disimpan saat komputer sedang berjalan.

Perangkat penyimpanan (storage) mengacu pada penyimpanan jangka panjang baik sementara maupun permanen. Penyimpanan adalah semua jenis perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan semua aplikasi, sistem operasi, dokumen, dan konten digital untuk jangka waktu tidak terbatas. 


Penyimpanan

Sistem operasi atau program seperti web browser atau MS Office disimpan dalam RAM sehingga dapat diakses dengan cepat oleh CPU. Modul RAM adalah chip memori yang menyimpan data dan instruksi yang harus ditangani oleh CPU. Sebelum CPU mulai memproses data, RAM dengan cepat memuat data.

Storage adalah perangkat keras yang terhubung ke komputer melalui jaringan untuk menyimpan data. Perangkat ini biasanya menggunakan media magnetik atau optik untuk menyimpan informasi atau data.

Performa

RAM memainkan peran penting dalam komputer desktop atau laptop untuk manajemen memori. RAM memengaruhi kecepatan komputer karena setiap tugas yang diproses CPU disimpan dalam bentuk kode di RAM. Jadi, semakin besar memori RAM, semakin cepat kecepatan pemrosesan. 

Tidak seperti RAM, ukuran perangkat penyimpanan tidak akan memengaruhi kinerja dan kecepatan komputer mengakses aplikasi. Memiliki storage yang lebih besar hanya membuat Anda dapat menyimpan lebih banyak dokumen di laptop/ kantor. 

Memilih RAM dan Storage

Baik RAM dan Storage adalah komponen yang harus ada dalam sebuah laptop agar bisa bekerja. RAM bekerja bersama dengan hard drive yang menyimpan data untuk jangka panjang. 

Untuk memilih RAM dan Storage yang sesuai kebutuhan, Anda bisa berkonsultasi dengan tim Asani. Asani adalah all-in-one platform untuk semua kebutuhan IT perusahaan. Jika Anda membutuhkan solusi untuk semua masalah IT, Asani bisa membantu perusahaan Anda. Salah satu layanan yang ditawarkan Asani adalah sewa laptop yang termasuk asuransi, dashboard manajemen aset IT, serta perbaikan oleh tim ahli. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.








Another Post