Jangan Beli Laptop Sebelum Perhatikan Hal Berikut!

Kartika Rachmania, Rabu, 24 Maret 2021

Setiap barang pasti ada umurnya, tak terkecuali laptop yang kinerjanya akan menurun seiring berjalannya waktu. Kalau memang sudah terlewat jadul, apa boleh buat? Membeli baru adalah salah satu solusinya. 

Nah, biar laptop yang baru dapat menemani Anda bekerja dalam waktu yang lama, berikut ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli:

1.Desain dan Ukuran Laptop

Bicara mengenai laptop, tentu hal yang paling pertama kita lihat adalah desainnya. Jika dahulu laptop berukuran kotak, tebal, dan berat, laptop kekinian lebih berbentuk lebar, tipis dan ringan. Bahkan ada yang dapat dijadikan tablet baik dengan melipat, memutar atau melepas layar dari keyboard-nya. Seru kan! Tapi hati-hati, bisa saja kenyamanan keyboard menjadi terkorbankan, atau bahkan engsel dan kabel fleksibel menjadi lebih rentan kerusakan. Pertimbangkan juga luasan layar yang kamu butuhkan, semakin kecil laptopnya, semakin sempit layarnya.

2.Prosesor Terpasang

Otak dari sebuah laptop adalah prosesornya, sebuah dapur pacu yang menentukan performa dari laptop. Terdapat beberapa jenis prosesor di pasaran, sebut saja AMD dan Intel. Keduanya dapat diandalkan, namun memiliki kelebihannya masing-masing. Jika AMD menang pada sisi grafiknya, Intel menang pada sisi kecepatan dan kemudahan pencarian aksesoris yang cocok dengan socketnya, wajar jika kita perlu membayar lebih untuk Intel.

3.Kapasitas RAM

Selain prosesor, RAM juga sangat berpengaruh untuk kinerja suatu laptop. RAM berfungsi sebagai penyimpanan sementara selama pemrosesan data berlangsung, sehingga kita akan memerlukan RAM yang lebih besar jika kita sering multitasking dengan membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

4.Jenis dan Kapasitas Media Penyimpanan

Memang di pasaran terdapat berbagai media penyimpanan, sebut saja Harddisk dan SSD. Dapat dikatakan Harddisk lahir lebih dahulu, sehingga teknologi yang digunakannya lebih kuno namun harganya lebih murah. Sedangkan SSD menggunakan teknologi terkini sehingga ukurannya bisa lebih kecil, performanya lebih cepat, walaupun harganya lebih mahal. Jadi, pemilihan media penyimpanan dapat disesuaikan kebutuhan kita. Perlu yang kapasitas besar, atau yang performanya cepat?

5.Daya Tahan Baterai

Sepele tapi penting, yaitu daya tahan baterai. Kita membeli laptop pasti berkeinginan untuk menunjang kebutuhan mobile kita, tapi jika baterai cepat habis, alhasil kita akan ketergantungan stop kontak dan perlu selalu siaga charger. Memang sulit untuk mengukurnya, karena tergantung juga dengan pemakaian kita, apakah berat dan memerlukan banyak energi, atau ringan-ringan saja. Bukan berarti kapasitas baterai yang besar akan membuat kita nyaman, karena baterai yang besar pasti akan menambah berat laptop. 

6.Kualitas Layar

Layar tidak kalah penting untuk dipertimbangkan loh guys, karena ketika kita menggunakan laptop pasti layar lah yang akan kita tatap. Nyatanya tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang bagus, bergantung pada jenis layar, resolusi, hingga cakupan sudut pandang. Contohnya layar dengan panel IPS, layar jenis ini mempunyai ketajaman serta akurasi warna yang tinggi, belum lagi cakupan sudut pandang yang luas, hal ini akan sangat cocok untuk kita mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan grafik. Ya, kembali ke peribahasa ada harga ada barang, semakin bagus layarnya, semakin mahal harga laptopnya atau bahkan penggantian layar jika terjadi kerusakan.

7.Kelengkapan Konektivitas

Nah, yang terakhir nih, pertimbangin juga kelengkapan konektivitasnya. Di zaman sekarang WIFI sudah pasti kita butuh, ethernet port dapat digunakan sebagai cadangan saja, belum lagi seperti jenis dan jumlah dari usb port yang tersedia, port untuk tambahan layar baik VGA atau bahkan HDMI. Semua balik tergantung pada kebutuhan kita.

So, itulah 7 hal yang berhasil Asani rangkum untuk dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop. Jadi apa laptop incaran Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih laptop yang sesuai kebutuhan, tapi jika Anda masih bingung menentukan laptop yang cocok untuk perusahaan Anda, lihat saja katalog sewa laptop di Asani. Asani percaya pelaku bisnis seharusnya dapat fokus pada kelangsungan bisnisnya tanpa perlu khawatir mengenai beratnya cash flow untuk aset IT yang terus terdepresiasi.

Another Post