HDD vs SSD, Mana yang Terbaik untuk Anda?

Kartika Rachmania, Jumat, 9 April 2021

Memilih penyimpanan di laptop atau komputer bukan hanya sekadar membandingkan kapasitas dan harga. Tipe penyimpanan yang digunakan di laptop sangat mempengaruhi performa termasuk penggunaan daya dan apakah perangkat berjalan sesuai fungsinya.

SSD (Solid State Drives) dan HDD (Hard Disk Drive) adalah dua penyimpanan utama yang biasanya menjadi pertimbangan dan sangat penting untuk diketahi kegunaannya sebelum membeli perangkat laptop atau komputer. Untuk mencari perangkat penyimpanan yang sesuai, sebaiknya Anda mengetahui perbedaan kedua perangkat penyimpanan tersebut.

Apakah itu HDD?

HDD adalah perangkat penyimpanan yang ada di dalam komputer atau laptop. HDD memiliki piringan cakram yang berputar dibantu motor penggerak dengan kecepatan yang tinggi. HDD sudah hadir lebih dulu daripada SSD. Secara umum, harga untuk HDD lebih murah dan praktis untuk menyimpan foto maupun video. HDD tersedia dalam dua ukuran yaitu 2.5 inci untuk laptop dan 3.5 inci untuk desktop.

Apa itu SSD?

SSD adalah perangkat penyimpanan yang semua datanya disimpan di dalam integrated sirkuit. Perbedaan HDD dan SSD terletak pada ukuran dan performa. Tanpa membutuhkan cakram atau komponen yang bergerak, SSD bisa mengurangi bentuk dan ukurannya bahkan menjadi lebih kecil. Kapasitas atau berapa banyak data yang bisa disimpan bervariasi hingga membuatnya fleksibel untuk perangkat yang lebih. SSD juga bisa mengurangi waktu booting yang lama karena tidak perlu menunggu yang berputar. Harga SSD lebih mahal daripada HDD, tapi saat ini harga SSD sudah mulai bersaing dengan HDD.

HDD vs SSD

HDD dan SSD memiliki fungsi dasar yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan aplikasi, personal files, dan boot sistem operasi. Perbedaan antara HDD vs SSD terletak pada teknologi yang digunakan untuk menyimpan dan menerima data. Di bawah ini adalah perbandingan perbedaan HDD vs SSD.

Jika Anda menginginkan kapasitas yang besar dengan biaya yang lebih murah, maka Anda bisa memilih HDD. Anda bisa mendapatkan kapastitas HDD besar dengan harga yang murah. Namun, jika Anda ingin menyimpan data-data penting, lebih baik untuk mengecek review dan laporan mengenai ketahanan HDD tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. Tambahan informasi lagi, karena SSD menggunakan daya yang lebih sedikit, maka baterai laptop akan bertahan lebih lama.

Jadi, mana yang lebih tepat untuk Anda?

Semua itu tetap tergantung pada kebutuhan Anda. SSD memang lebih cepat dan hemat daya, tapi HDD lebih terjangkau apabila Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan SSD dengan ukuran kecil untuk menyimpan aplikasi dan sistem operasi, lalu menggunakan HDD untuk menyimpan file. 

Another Post