Perbedaan Local Storage dan Cloud Storage

Kartika Rachmania, Selasa, 30 Maret 2021

Masih ingatkah Anda dengan media penyimpanan yang pernah Anda gunakan? Zaman dahulu media penyimpanan yang kita pakai adalah disket dengan ukuran yang besar tapi kapasitasnya hanya 4MB. Bandingkan dengan teknologi terkini, kapasitas 2TB dapat dikemas dalam bentuk flashdisk yang mini dan harganya terjangkau. Tapi tahukah Anda? Selain penyimpanan lokal yang terlihat bentuk fisiknya seperti disket dan flashdisk sekarang sudah ada penyimpanan secara cloud, lho! Jadi kalau media penyimpanan lokal bisa dibilang sebagai media penyimpanan offline, sedangkan media penyimpanan cloud lebih mengacu ke media penyimpanan online karena untuk memanfaatkannya kita memerlukan jaringan internet.


Adakah perbedaan lainnya? Yuk, simak beberapa faktor yang bisa kita pertimbangkan:


  • Kemudahan Akses


Mengenai kemudahan akses, media penyimpanan cloud dapat diakses dari mana saja dan kapan saja selama perangkat terhubung dengan internet dan penyedia layanan tidak down. Sedangkan untuk media penyimpanan lokal, untuk membacanya kita memerlukan perangkat dengan konektor yang sesuai, misalnya micro sd reader tidak dapat digunakan untuk membaca CD, USB tidak dapat digunakan untuk membaca disket, CD-ROM tidak dapat digunakan untuk membaca hard disk.


  • Kapasitas Penyimpanan


Terkait dengan kapasitas, media penyimpanan lokal berkapasitas terbatas dan tidak dapat di-upgrade. Berbeda halnya dengan media penyimpanan cloud yang biasanya menawarkan kapasitas yang besar dan dapat di-upgrade sesuai kebutuhan tanpa repot memikirkan upgrade media fisiknya.


  • Tingkat Keamanan


Bicara mengenai tingkat keamanan, di sini terdapat perbedaan yang sangat nyata. Pada media penyimpanan cloud dapat dikatakan keamanannya tinggi, yang lebih perlu kita jaga adalah kredensial akun untuk mengaksesnya. Sedangkan untuk media penyimpanan lokal lebih mengenai bagaimana cara kita menjaga fisik media penyimpanan tersebut.


Jadi, Anda tim local storage atau cloud storage?


Itulah beberapa faktor yang berhasil Asani rangkum untuk Anda agar dapat memudahkan Anda dalam menentukan media penyimpanan mana yang cocok untuk digunakan. Anda dapat memilih salah satu atau bahkan menggabungkan keduanya sebagai cadangan untuk saling melengkapi sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda masih bingung dan membutuhkan sewa laptop, IT support, atau pun Asset Recycling, silakan hubungi Asani untuk mendapatkan solusi atas kebutuhan perusahaan Anda.

Another Post