Mac atau Windows, Mana Yang Menjadi Pilihan Anda?

Kartika Rachmania, Rabu, 14 April 2021

Ketika memilih komputer atau laptop, biasanya Anda akan dihadapkan pada pilihan macOS vs Windows. Kedua sistem operasi tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing yang bisa memberikan Anda pilihan yang layak. Namun, semua pilihan itu tergantung pada kebutuhan Anda.

Perbandingan macOS dan Windows

Sebelum memilih, simak artikel untuk pertimbangan apakah membeli macOS atau Windows

1.  Aplikasi

Jika bicara tentang perangkat lunak, macOS lebih banyak memiliki software eksklusif. Namun, software populer banyaknya tersedia untuk Windows, sementara pengembangan di macOS belum terlalu optimal. Anda mungkin bisa menggunakan software Windows di mac atau sebaliknya dengan bantuan perangkat lunak lain. Namun, software official akan bekerja lebih baik jika digunakan di komputer dan biasanya Windows yang sangat juara untuk hal itu.

2. Keamanan

Dalam masalah keamanan, macOS lebih unggul daripada Windows. Meskipun Windows terus meningkatkan fitur keamanan dari malware dan virus, tapi secara keseluruhan macOS memiliki peluang yang lebih kecil dalam menghadapi masalah keamanan. Sebagian peretas lebih fokus untuk menyerang Windows karena penggunanya lebih banyak, luas, dan mudah dieksploitasi. Namun, dengan pengetahuan antivirus dan tips keamanan yang baik, Anda bisa mencegah dan mengamankan perangkat dengan melakukan pembaharuan perangkat lunak di Microsoft.

3. Customer Service

Komputer Windows berasal dari produsen yang beragam, sedangkan macOS hanya dari satu produsen. Tingkat dukungan pelanggan tiap produsen berbeda, tapi Apple bisa dikatakan mengalahkan semuanya. Produsen macOS itu terkenal dengan layanan pelanggan yang mantap. Jika Anda mengalami masalah pada perangkat, bawa saja ke service center untuk menyelesaikan masalah pada perangkat Anda.

4. Harga

Perangkat Windows harganya lebih murah daripada Mac. Jika Anda rakit PC sendiri, Anda akan mendapat lebih banyak komponen berkualitas di komputer Windows. Harga perangkat macOS yang lebih tinggi dinilai sepadan karena kualitas premium dan awet hingga bertahun-tahun. Keawetan laptop Windows tergantung pada produsen laptop.

MacOS atau Windos untuk Kerja

Jika membandingkan mana yang lebih baik antara Windows dan Mac, maka harus dilihat kebutuhan penggunaannya. Coba Anda pikirkan software apa yang akan digunakan untuk kerja, apakah hanya didukung sistem operasi tertentu atau tidak. Ini bisa dijadikan salah satu pertimbangan lho. Kalau software yang Anda gunakan hanya ada di OS tertentu, maka kamu harus memilih sistem operasi tersebut.

Pertimbangan lainnya adalah bagaimana cara Anda menggunakan aplikasi apakah Anda sering multitasking? Jika, ya, maka Windows adalah pilihan tepat karena fitur multitasking-nya sangat interaktif.

Jika sudah mengetahui laptop yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mulai menyewa laptop kantor di Asani. Asani menyediakan laptop windows dan macOS yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Another Post