Rumus Excel yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Kartika Rachmania, Sabtu, 13 Maret 2021

Bagi sebagian orang, Microsoft Excel bukanlah software yang asing di telinga. Excel adalah aplikasi dasar spreadsheet untuk melakukan perhitungan yang banyak digunakan oleh pelajar maupun pekerja kantoran. Semua pekerjaan di bidang keuangan, akutansi, statistik maupun bidang industry lain. Di Excel, Anda bisa menggunakan rumus supaya mempercepat proses pengolahan data perusahaaan. Berikut adalah rumus dasar yang sering digunakan dalam dunia kerja.

Rumus Formula Dasar

Rumus dasar yang sering digunakan adalah SUM, AVERAGE, MIN, MAX, dan COUNT. Berikut adalah fungsi rumus excel tersebut:

Rumus Formula Logic

Fungsi logic IF untuk memeriksa dan menguji kondisi tertentu pada rumus excel. Jika suatu kondisi terpenuhi, maka fungsi akan mengambil nilai yang sudah ditentukan. Fungsi IF adalah fungsi bersyarat yang melakukan evaluasi uji logika lalu mengembalikan nilai benar atau salah.

Rumus Lookup dan Rerefence

Rumus Lookup yang sering digunakan adalah VLOOKUP dan HLOOKUP. Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Excel yaiu membaca tabel referensi di mana dua atau lebih tabel memiiki data yang terhubung satu sama lain. 

Selamat berlatih menggunakan rumus-rumus Excel dasar dan sering digunakan dalam dunia kerja. Untuk memperbaharui software yang digunakan oleh komputer atau laptop seluruh karyawan kantor, Anda bisa menggunakan jasa instalasi software dan perbaikan laptop untuk perusahaan dari ASANI

Another Post