Sejarah Copy, Paste, dan Cut

Kartika Rachmania, Senin, 29 Maret 2021

Siapa yang tak pernah mendengar fitur Copy, Paste, dan Cut? Pastinya sudah banyak dong yang terbantu dengan fitur jalan pintas ini. Namun, tahukah kamu asal usul fitur Copy, Paste, dan Cut di perangkat komputer?

Copy, paste, dan cut adalah fitur yang ditemukan Larry Tesler. Larry menemukan fitur tersebut saat bekerja di Lembaga Xerox Palo Alto Research Center (PARC) dan membuat sebuah proyek editor teks bersama beberapa orang dalam proyek bernama Gypsy. Larry membuat model metode untuk menyalin dan memindahkan teks yang kemudian dikenal dengan istilah Copy, Paste, dan Cut. Konsep potong, salin, dan tempel teks ini kemudian menjadi bagian penting dalam penyuntingan teks maupun seluruh sistem operasi komputer.

Larry pernah bergabung dengan Apple saat di bawah kepemimpinan Steve Jobs. Fitur Copy, Paste, dan Cut ini pertama kali ditambahkan di produk komputer Apple yaitu Macintosh dan Lisa.

Perbedaan Perintah Copy dan Paste dengan Cut dan Paste

Fungsi perintah Copy, Paste, dan Cut:

-  Copy: menggandakan teks atau file yang sudah dipilih

-  Paste: menempel teks atau file di tempat yang sudah ditentukan

-   Cut: memotong atau memindahkan kan teks atau file dari sumber data

Dalam praktiknya, kombinasi perintah yang sering digunakan adalah Copy dan Paste dengan Cut dan Paste. Lalu apa perbedaan kedua perintah tersebut?

1.  Copy dan Paste

Perintah ini memungkinkan untuk menggandakan data tanpa menghapus data sebelumnya.

Cara cepat untuk Copy-Paste :

Windows: CTRL + C kemudian CTRL + V

Mac: Command + C kemudian Command + V

2.  Cut dan Paste

Perintah ini memungkinkan untuk memindahkan data dengan menghapus data sebelumnya.

Cara cepat untuk Cut-Paste :

Windows: CTRL + X kemudian CTRL + V

Mac: Command + X kemudian Command + V

Itulah penjelasan singkat mengenai sejarah dan perbedaan cara penggunaan Copy, Paste, dan Cut. Perintah ini bahkan bukan hanya ada di komputer saja, tapi semua gawai sekarang sudah memiliki fitur pintas ini. Fitur sangat berguna dan telah membantu jutaan orang. Sayangnya, masih banyak pula yang menyalahgunakan fitur ini. 

Jika laptop di kantor mengalami masalah maupun ingin mengganti laptop kantor dengan yang baru, Asani menyediakan jasa perbaikan laptop kantor dan jasa sewa laptop kantor tanpa minimun jumlah sewa. Penuhi syarat dan ketentuannya, lalu bersiaplah untuk sewa laptop di Asani. Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa terbaik.

Another Post