Sistem Operasi Laptop Terbaik

Kartika Rachmania, Kamis, 5 Agustus 2021

Pilihan sistem operasi komputer atau laptop yang saat ini beredar memang tidak banyak. Ada setidaknya empat sistem operasi yaitu Windows, macOS, Chrome OS, dan Ubuntu. Meskipun hanya empat pilihan, tapi sering membuat bingung bagaimana mencari sistem operasi laptop terbaik untuk digunakan sehari-hari.

Apa itu Sistem Operasi?

Sistem operasi adalah sebuah software yang membuat komputer atau laptop Anda bekerja. Sistem operasi berhubungan dengan semua sistem dan hardware, menjalankan program, menghubungkan ke internet, serta mengatur penyimpanan. Sistem operasi masa sekarang sudah memiliki tampilan yang rapi dan memiliki banyak kegunaan dan aplikasi yang bisa melakukan banyak hal tanpa perlu memasang aplikasi 3rd-party. Aplikasi yang sudah termasuk dalam sistem operasi di antaranya adalah photo viewers, photo editor, video editor, web browser, music player, dan lainnya. 

Sistem operasi juga sudah termasuk peralatan yang bisa membuat komputer atau laptop berjalan dengan aman, baik, dan bebas malware karena ada built-in security system. Terdapat auto-update untuk memastikan sistem operasi terus berjalan baik.

Tips Memilih Sistem Operasi

Sebelum membeli laptop, Anda juga harus menentukan sistem operasi yang digunakan karena biasanya sistem operasi di-bundling dengan laptop. Sistem operasi tertentu hanya eksklusif hanya di brand tertentu. Bagaimana cara memilih sistem operasi yang tepat untuk Anda? 

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan Anda:

  1. Pilihan perangkat keras 
  2. Pilihan perangkat lunak yang tersedia termasuk game dan produktivitas
  3. Desain dan tampilan jendela
  4. Aplikasi dan utilitas penyerta
  5. Integrasi dengan seluler dan cloud service
  6. Stabilitas, keamanan, dan pembaruan

Sistem Operasi Laptop Terbaik

Untuk menentukan sistem operasi mana yang paling baik untuk Anda, pilihlah yang sesuai kebutuhan. Jika Anda membutuhkan aplikasi yang hanya bisa digunakan pada salah satu sistem operasi saja, maka Anda tidak perlu memilih lagi. Pilihan yang Anda miliki sudah spesifik. Lain hal jika aplikasi bisa digunakan di beberapa sistem operasi, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. 

Jika perusahaan Anda membutuhkan perangkat laptop atau komputer, Anda bisa menggunakan jasa sewa laptop Asani. Tersedia berbagai jenis laptop atau komputer dengan berbagai sistem operasi. Selain jasa sewa, Asani juga menyediakan jasa perbaikan laptop atau komputer kantor.  

Another Post