Alasan dan Tips Agar Tidak Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah

Kartika Rachmania, Minggu, 11 April 2021

Membawa pekerjaan kantor ke rumah ternyata membawa dampak buruk untuk kesehatan fisik dan mental, lho. Terus bagaimana jika terpaksa membawa pulang pekerjaan ke rumah apakah tetap boleh?

Boleh saja, tapi jika Anda menganut work-life balance, membawa pekerjaan ke rumah tidak menggambarkan keseimbangan itu. Ketidakseimbangan antara kehidupan professional dan pribadi bisa akhirnya bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Alasan Jangan Membawa Pekerjaan ke Rumah

Berikut adalah alasan mengapa Anda jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah.

1. Stress

Manusia perlu istirahat otak dan tubuh secara rutin. Jika Anda membawa pekerjaan ke rumah, otak tidak punya waktu untuk istirahat dan akhirnya stress. Anda akan mudah stress karena di rumah juga harus mengerjakan pekerjaan kantor. Bekerja lebih lama daripada jam kerja bisa menimbulkan risiko depresi mayor. Jika hanya sesekali dilakukan mungkin tak akan menjadi masalah, tapi jika setiap hari harus membawa pekerjaan kantor ke rumah dan mengerjakan hingga larut tengah malam di luar jam kerja, rasa stress tentu saja akan timbul. Gangguan psikologis bisa juga menyebar dan menyebabkan sakit fisik lain seperti jantung, insomnia, hingga darah tinggi. Tubuh Anda perlu istirahat.

2. Menganggu waktu keluarga

Setelah menghabiskan waktu di kantor 10-12 jam sehari termasuk commuting, apakah Anda berniat menambah jam kerja lagi di rumah yang berakibat waktu untuk keluarga terganggu?  Anda akan kehilangan kebiasaan berbicara dengan orang rumah karena terlalu sibuk bekerja. Bagi sebagian orang yang tingga di kota besar, waktu sangat berharga karena setengah hari di luar ruma mungkin akan bertambah jika jalanan macet. Akibatnya waktu untuk keluarga makin berkurang dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Cara Menghindari Diri dari Keinginan Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah

Berikut adalah cara untuk menghindari diri dari keinginan membawa pekerjaan kantor ke rumah dan mengatur waktu:

1. Produktif selama jam kerja

Manfaatkan waktu bekerja di kantor sebaik-baiknya. Catat apa saja yang harus dilakukan Anda setiap hari dan fokus pada catatan itu. Pangkas waktu untuk mengobrol bersama rekan satu kantor sehingga waktu Anda bisa dipakai untuk menyelesaikan tugas dengan baik pada saat jam kerja.

2. Mencari Hiburan

Sepulang kerja, Anda bisa mencari hiburan untuk melepas penat. Berikan tubuh dan pikiran Anda untuk bersantai sehingga esok harinya bisa bekerja optimal. Usahakan ketika sampai rumah jangan langsung bekerja lagi.

3. Olahraga rutin

Dengan aktif berolahraga secara rutin tentunya akan menghindari diri untuk membawa pekerjaan kantor pulang. Anda bisa mengatur ulang pikiran dan energi sehingga lebih positif.

4. Jadwal quality time dengan diri sendiri

Memanjakan diri sendiri juga bisa dimasukkan dalam agenda kegiatan sehingga Anda tidak punya keinginan membawa pulang pekerjaan.

5. Batasi waktu kerja di rumah

Jika Anda benar-benar harus membawa pekerjaan ke rumah, tentukan waktu berapa lama Anda harus bekerja dan patuhi itu. Seimbangkan kehidupan pribadi dan professional Anda. Jika memang pekerjaan atau proyek yang dikerjakan sudah mendekati batas waktu sehingga Anda harus menyelesaikan dengan segera, tetap ingat bahwa Anda harus menyisihkan waktu untuk berisitirahat.


Another Post