Tips Menghemat Biaya dalam Mendirikan Usaha Sendiri

Kartika Rachmania, Jumat, 29 Januari 2021

Mendirikan perusahaan sendiri merupakan langkah besar dan berani. Untuk itu, agar perjuangan Anda tidak sia-sia, semua harus dipersiapkan dengan perencanaan yang kuat dan baik.

Cara Mendapatkan Modal Membangun Bisnis dari Nol

Selain ide bisnis, hal umum yang menjadi pemikiran utama dalam membangun usaha dari nol adalah modal. Modal usaha bisa dalam bentuk uang ataupun barang, yang terpenting adalah bisa digunakan untuk menjalankan bisnis. Setelah mendapatkan modal, seorang pengusaha harus bisa mengelola modal secara optimal dan maksimal agar bisa mendatangkan untung untuk perusahaan. Untuk merintis usaha baru, modal biasanya digunakan untuk menjalankan usaha. Sedangkan untuk usaha yang sudah cukup lama, modal digunakan untuk memperluas atau mengembangkan usaha. Berikut adalah cara untuk mendapatkan modal usaha:

  • Tabungan Pribadi

Mendapat modal yang cukup untuk menjalankan usaha biasanya akan memakan waktu lama. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan tabungan pribadi sebagai modal awal menjalankan usaha. Keuntungan menggunakan tabungan pribadi adalah Anda tidak perlu terbebani membayar hutang pada pihak lain.

  • Menjual Harta Pribadi

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah menjual perhiasan, barang elektronik, atau kendaraan. Hal ini bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki tabungan pribadi tapi ingin mendapat modal usaha dengan cepat tanpa berutang pada pihak lain.

  • Meminjam Uang

Meminjam uang adalah cara yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk mendirikan usaha. Anda bisa meminjam uang pada bank dengan pinjaman dengan agunan atau tanpa agunan, koperasi, keluarga, atau teman. Namun, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum meminjam uang, di antaranya adalah bunga dan jangka waktu pinjaman. Anda juga harus siap untuk mengembalikan uang dengan tepat waktu.

Tips Menghemat Budget untuk Mendirikan Perusahaan

Banyak orang beranggapan untuk membangun perusahaan maka dibutuhkan biaya besar. Namun, hal itu tidak berlaku mutlak. Anda tetap bisa membangun usaha meski dengan modal minim. Bagi Anda yang belum memiliki modal besar untuk usaha, Anda tetap bisa mengakali agar perusahaan bisa tetap beroperasi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menghemat budget saat mendirikan perusahaan baru:

  • Menyewa Co-working Space

Perusahaan baru biasanya tidak akan membutuhkan ruang banyak karena jumlah karyawannya juga belum terlalu banyak. Daripada menyewa satu gedung, Anda bisa mempertimbangkan bekerja di co-working space. Di sini, Anda akan berbagi dengan perusahaan lain. Co-working space ini sangat popular di kalangan pengusaha rintisan berbasis teknologi. Fasilitas di co-working space hampir sama dengan ruang kantor biasanya. Biaya sewa co-working space mulai dari Rp 50.000 – Rp 200.000 / hari. Di sana juga tersedia shared desk, ruang meeting, coffee bar, hingga private office untuk orang yang menginginkan suasana kerja lebih personal.

  • Menyewa laptop

Sewa laptop atau PC adalah salah satu langkah untuk menghemat budget perusahaan. Jika Anda membeli laptop baru, dana yang dikeluarkan di awal akan sangat besar dan Anda perlu memikirkan dana tambahan untuk service laptop. Namun, jika menggunakan jasa sewa laptop, biaya service laptop tidak perlu dipikirkan. Anda bisa hemat hingga puluhan juta dengan cara menyewa laptop daripada membeli baru. Lagipula, harga laptop akan turun dengan cepat saat dijual kembali untuk mendapatkan laptop dengan spesifikasi terkini.

  • Memaksimalkan sumberdaya manusia

Pengeluaran untuk gaji karyawan tidaklah sedikit, jadi pastikan Anda lebih teliti dalam merekrut karyawan baru. Sesuaikan jumlah dan kualitas karyawan dengan kebutuhan perusahaan. Anda mungkin ingin memprioritaskan bagian yang bertujuan untuk memajukan bisnis terlebih dahulu.

Modal adalah hal penting yang harus dimiliki dalam dunia usaha. Dengan pengelolaan modal yang maksimal, Anda bisa menjalankan bisnis sehingga menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Jika Anda melakukan hal di atas, Anda bisa hemat hingga jutaan rupiah. Dana yang sebelumnya dialokasikan untuk sewa ruangan kantor atau laptop bisa Anda gunakan untuk hal lain yang bisa membantu mengembangkan usaha.

Jika Anda membutuhkan jasa sewa laptop perusahaan tanpa jumlah minimal sewa, Anda bisa menggunakan jasa rental laptop terpercaya Asani Indonesia. Asani melayani jasa sewa laptop Jakarta, sewa komputer, juga perbaikan laptop. Di Asani, Anda bisa memilih laptop atau PC sesuai dengan kebutuhan Anda.