Memilih laptop untuk bekerja
10

Memilih laptop untuk bekerja itu susah-susah gampang. Dengan banyaknya merk, tipe, dan spesifikasi laptop yang tersedia di pasaran, hal itu seringkali membingungkan pengguna untuk memilih yang sesuai kebutuhan penggunaan agar nantinya tidak ada kendala ketika bekerja. Jadi, Anda perlu memperhatikan spesifikasi laptop dengan sebaik-baiknya.

Yuk simak beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih laptop untuk kerja:

1. Prosesor

Prosesor yang banyak digunakan saat ini adalah Intel atau AMD. Soal performa, kedua prosesor tersebut sudah bisa bersaing meskipun saat ini Intel masih mendominasi. Untuk pekerjaan dengan komputasi ringan, minimal bisa menggunakan Intel Core i3 atau Intel Core i5. Untuk pekerjaan seperti desain atau editing video, pilih prosesor yang lebih tinggi minimal Intel core i7 atau bisa menggunakan AMD Ryzen 7.

2. RAM

Untuk kenyamanan dalam bekerja, minimal RAM yang dibutuhkan adalah 8GB. Untuk pekerjaan desain dan editing video, gunakan RAM 16GB untuk kinerja yang lebih maksimal. Kapasitas RAM yang besar sangat dibutuhkan jika Anda suka multitasking karena akan membuat kerja Anda menjadi lebih lancar.

3. Penyimpanan

Pilihlah laptop dengan ruang penyimpanan besar karena untuk penyimpanan hasil pekerjaan akan membutuhkan ruang banyak. Untuk performa yang lebih baik, pilihkan penyimpanan berbasis SSD. Penyimpanan SSD lebih cepat dalam transfer data, booting, atau membuka software.

4. GPU

GPU (Graphic Processing Unit) adalah komponen penting untuk memaksimalkan kemampuan visual saat mengedit video, gambar, atau foto. Semakin tinggi kelas GPU (VGA Card), proses rendering akan semakin cepat. Pilihlah NVIDIA seri GTX atau RTX, atau seri RX dari AMD agar proses kerja bisa optimal.

Untuk pekerjaan komputasi ringan, GPU tidak terlalu berpengaruh. Kartu grafis biasa pun sudah cukup, kecuali jika Anda ingin bermain games dengan laptop tersebut.

5. Sistem Operasi

Sistem operasi yang paling dipakai untuk programming atau pemakaian biasa adalah Linux, Windows, dan OS X. Tentukan dulu jenis programming apa yang Anda lakukan karena ada jenis programming yang dibatasi sehingga Anda perlu memakai salah satu sistem operasi. Misalnya, aplikasi produk Apple wajib menggunakan OS X, dan itu tidak bisa dilakukan dengan sistem operasi lain. Namun, ada juga jenis programming yang tak dibatasi penyedia sehingga bisa digunakan di berbagai sistem OS.

6. Ukuran dan Resolusi Layar

Pilihlah laptop dengan ukuran dan resolusi terbaik (Full HD: 1920 x 1080) agar nyaman karena Anda akan menghabiskan waktu dengan menatap layar dalam waktu yang lama. Namun, untuk komputasi ringan, layar HD atau HD+ juga sudah cukup. Layar 15 inci adalah ukuran yang pas untuk mengedit video, tapi jika Anda ingin mobilitas lebih mudah, pilihlah ukuran layar 13-14 inci. 

Jika Anda masih bingung menentukan laptop yang sesuai kebutuhan, Asani akan memberikan rekomendasi sewa laptop atau komputer yang sesuai dengan tujuan penggunaan di perusahaan. Pastinya, hal itu akan menguntungkan Anda karena spesifikasi yang direkomendasikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Minta penawaran

Post comment

Product Enquiry