6 Tips Memilih Lokasi Kantor untuk Bisnis

Kartika Rachmania, Rabu, 8 Juni 2022

Lokasi yang tepat akan membuat perubahan besar untuk bisnis karena tidak hanya memengaruhi operasional sehari-hari, tapi juga perilaku staf dan citra perusahaan Anda. Syarat lokasi yang baik untuk kantor Anda di antaranya adalah lokasi kantor harus mudah diakses oleh staf maupun klien, dan kantor harus berada di gedung atau lingkungan yang menawarkan fasilitas yang diinginkan untuk karyawan Anda. 


Tips Memilih Lokasi Kantor 

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih lokasi kantor yang tepat untuk bisnis Anda, berikut adalah faktor-faktor yang harus Anda perhatikan: 


1. Letak

Letak atau lokasi adalah hal yang penting saat memilih ruang kantor untuk perusahaan Anda. Ada dua pertanyaan yang bisa dijadikan pegangan Anda dalam pemilihan lokasi yaitu, “Bisakah klien saya sampai di sana tanpa repot? Bisakah karyawan saya sampai di sana dengan mudah?”

Jika sebuah tempat sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam menemukan lokasi kantor yang cocok.


2. Keamanan

Anda juga perlu memikirkan soal keamanan lingkungan kantor dan apa saja yang ada di dekatnya. Semua ini penting untuk membuat karyawan dan klien merasa nyaman dan aman. 


3. Harga

Harga adalah salah satu faktor penting dalam memilih kantor baru. Ada beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan pertimbangan yaitu:

“Bisakah saya membayar uang sewa minimal tiga bulan di kantor ini?”

“Apakah ada biaya tersembunyi yang harus saya bayar saat dalam masa sewa?”

“Apakah harga kantor ini sesuai dengan harga kantor lain yang serupa?

Pertanyaan di atas dapat membantu Anda membuat keputusan dan memastikan Anda mendapatkan kesepakatan terbaik. Setidaknya, selalu lakukan perbandingan cepat supaya Anda merasa yakin dengan value tempat tersebut.  


4. Ukuran

Ukuran luas ruang kantor ideal yang direkomendasikan adalah 7 meter persegi per orang. Selanjutnya, Anda juga harus memikirkan ruang meeting, istirahat, atau ruang makan siang. Kantor yang sempit bisa mengurangi produktivitas, jadi hitunglah total luas ruang kantor yang Anda butuhkan.


5. Infrastruktur

Sarana dan prasarana menjadi hal penting karena bisa memengaruhi operasional sehari-hari. Jika Anda memutuskan untuk menyewa tempat dalam suatu gedung, Anda harus memastikan infrastruktur sangat baik. Misalnya, Anda bisa bertanya bagaimana mengenai layanan internet, sambungan telepon, surat-menyurat, dan lainnya. Jika perlu, Anda bisa menanyakan tenant lain untuk berbagi pengalaman di gedung tersebut. 


6. Desain atau Gaya Perkantoran

Bagi beberapa orang, faktor ini mungkin ada di urutan terakhir sebelum mempertimbangan menyewa kantor. Namun, jika Anda ingin membangun citra kantor dengan sangat baik, Anda perlu mempertimbangkan hal ini dengan cukup matang. Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda perhatikan pada faktor gaya atau suasana lokasi: 

“Bisnis apa saja yang beroperasi di area ini? Apakah sejalan dengan industri yang saya geluti?”

“Apakah saya akan bangga jika mengunggah foto kantor ke situs web?”

“Apakah tempat ini mengizinkan saya untuk mengubah atau menambahkan desain untuk branding kantor tanpa biaya tambahan?”

Jika jawaban Anda lebih banyak ‘tidak’ atau ‘kurang cocok’, maka mungkin itu bukan tempat terbaik untuk Anda. 


Memilih Kantor yang Tepat untuk Bisnis, Sewa Kantor atau Co-working Space? 

Lokasi dan harga biasanya sangat memengaruhi ukuran kantor yang bisa Anda pilih. Saat ini, ada dua pilihan umum bagi Anda yang baru saja mendirikan kantor yaitu sewa kantor atau co-working space. 


Sewa kantor harganya lebih mahal, tetapi Anda memiliki kebebasan untuk mengatur ruang kantor sesuai kebutuhan perusahaan. Lokasi di pusat bisnis biasanya menawarkan harga lebih tinggi daripada lokasi lainnya. Sedangkan Co-working Space sangat baik untuk Anda yang baru memiliki beberapa karyawan dan memiliki potensi growth. Anda tidak terikat kontrak yang lama dan masih bisa pindah ketika kantor mulai berkembang. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa ruang kantor: 

“Apakah Anda benar-benar membutuhkan semua ruang ini dan akan menggunakannya dengan baik?”

Jadi, sebelum Anda benar-benar menyewa atau membeli ruang kantor, pastikan dulu kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki agar tidak perlu membuang-buang uang untuk pengeluaran yang belum Anda butuhkan. 


Itulah beberapa tips memilih lokasi kantor. Beberapa lokasi kantor di Jakarta, Yogyakarta, dan Tangerang sangat bagus untuk bisnis Anda. Selain lokasi kantor, Anda juga perlu memikirkan bagaimana cara menyediakan perangkat IT untuk karyawan. Cara paling mudah dan hemat adalah dengan menyewa laptop. 

Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan perusahaan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani atau hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran laptop design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.



Another Post