Tips Meningkatkan Efisiensi Procurement Perusahaan

Kartika Rachmania, Jumat, 24 Desember 2021

Semua proses pengadaan barang untuk operasional perusahaan dipegang oleh tim di bidang procurement. Setiap harinya, tim procurement harus selalu melakukan serangkaian proses mencari barang/ jasa demi memenuhi kebutuhan perusahaan. Maka dari itu, dibutuhkan procurement yang efektif.

Tips Meningkatkan Efisiensi Procurement

Berikut adalah tips meningkatkan efisiensi procurement:

1.Mencatat dan Memeriksa Daftar Pembelian Barang

Procurement harus benar-benar memeriksa barang apa yang dibutuhkan di perusahaan agar lebih efisien. Tim bisa mulai mengecek dari tingkat kepentingan dan kebutuhan agar terlihat prioritas yang sesungguhnya. Jangan sampai ada barang yang tidak perlu atau tidak sesuai kebutuhan karena hal itu hanya akan menambah biaya operasional.

2.Memantau Tren Pasar Dunia

Tim procurement harus memantau tren pasar dunia karena biasanya harga barang bisa dipengaruhi oleh tren ekonomi global. Jangan sampai gagal mendapatkan harga terbaik karena tidak memantau situasi di pasar global.

3.Menjalin Kerjasama yang Baik dengan Supplier

Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan supplier bisa membantu meningkatkan efisiensi kerja tim procurement karena supplier memiliki peran penting dalam pengadaan barang atau jasa. Jika supplier senang bekerjasama dengan perusahaan Anda, mereka akan selalu siap sedia membantu perusahaan Anda untuk memenuhi kebutuhan barang atau jasa. Tidak akan ada keterlambatan pengiriman barang, kualitas barang terjaga, dan bantuan support lainnya. 

4.Melakukan Quality Control

Quality Control secara berkala dilakukan untuk meminimalisir adanya kecacatan produk. Jika ditemukan kecacatan pada produk, Anda bisa menelusuri di mana kesalahannya dan diperbaiki. Tim bisa mencari supplier lain yang menyediakan produk lebih baik sehingga tidak akan ada dana yang terbuang sia-sia.

5.Mengadakan Pelatihan Tim Procurement

Perusahaan bisa mengadakan pelatihan tim procurement untuk menambah pengetahuan tim dan bisa menghasilkan sumberdaya yang lebih efisien. 

Selain cara di atas, Anda mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan software procurement agar proses menjadi lebih praktis dan efisien.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post